Share

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444H, MUI: Tingkatkan Kualitas Amal

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 330 2639008 tahun-baru-islam-1-muharram-1444h-mui-tingkatkan-kualitas-amal-UUetSzsuTn.jpg Ilustrasi MUI beri pesan mendalam di momen tahun baru Islam 1 Muharram 1444H. (Foto: Istimewa/mui.or.id)
A A A

TAHUN baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah baru saja diperingati kaum Muslimin. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun memberikan pesan mendalam, terutama masih di kondisi masih pandemi covid-19 ini.

Ketua MUI Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam KH Jeje Zaenudin mengatakan, sepanjang tahun 1443H, umat Islam berada pada suasana transisi dan adaptasi dari situasi pandemi covid-19.

Baca juga: 1 Muharram 1444H, Kiswah Kakbah Pertama Kalinya Diganti Tepat Tahun Baru Islam 

Info grafis amalan bulan Muharram. (Foto: Okezone)

"Di akhir tahunnya, alhamdulillah kita dapat menghirup suasana kebebasan dari kekangan protokol kesehatan dan pembatasan aktivitas yang ketat, setelah pandemi mereda," ujar Kiai Jeje, dikutip dari mui.or.id, Sabtu (30/7/2022).

Menurut dia, situasi seperti ini harus disyukuri. Namun, wajib tetap waspada dan hati-hati. Kiai Jeje menekankan kewaspadaan dan kehati-hatian harus terus dilakukan agar tidak terulang kembali gelombang pandemi covid-19.

Baca juga: Amalan 1 Muharram 2022, Nomor 5 Doa-Doa yang Penting Dibaca Miliki Pahala Sangat Besar 

Lebih lanjut ia mengingatkan bahwa makna yang hakiki dari pergantian tahun adalah jatah usia dan umur dunia yang terus berkurang dan semakin dekat pada ajal dan kehancuran.

"Maka harus memotivasi untuk meningkatkan kualitas amal kebajikan sebelum hilang peluang dan kesempatan," imbaunya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kiai Jeje berharap momen pergantian tahun hijriah ini dapat menginspirasi untuk menjadikan semangat hijrah sebagai ruh kehidupan agar terus berhijrah.

"Yaitu, mengubah dan meningkatkan kualitas hidup kita ke arah yang lebih baik," jelasnya, "Dari kelalaian kepada giat, dari kebodohan kepada ilmu, dari kemiskinan kepada kesejahteraan dan terusnya."

Baca juga: Sejarah 1 Muharram Tahun Baru Islam Beserta Kemuliaannya yang Luar Biasa Besar 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Sabtu 30 Juli 2022M/1 Muharram 1444H 

Wakil ketua umum PP Persis ini mengajak umat Islam untuk mempersiapkan diri pada 1444H sebagai tahun penuh harapan dan keberkahan untuk perbaikan hidup dan kehidupan pada segala aspek.

"Baik itu di bidang aqidah dan peribadatan maupun bidang maumalah dan akhlak moralitas kita pada tataran pribadi dan keluarga, maupun tataran masyarakat dan negara," tukasnya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini