Share

5 Fakta Menarik Kiswah Kakbah Pertama Kali Diganti pada 1 Muharram, Perintah Raja Salman

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 614 2639074 5-fakta-menarik-kiswah-kakbah-pertama-kali-diganti-pada-1-muharram-perintah-raja-salman-QSqXUoypIr.jpg Penggantian kain kiswah Kakbah pertama kalinya pada 1 Muharram tepat tahun baru Islam. (Foto: Dani Jumadil Akhir/Okezone)
A A A

KAIN kiswah penutup Kakbah untuk pertama kalinya diganti pada momen tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Dikabarkan seterusnya akan dilakukan pada tanggal ini, tidak lagi ketika puncak ibadah haji wukud di Arafah 9 Dzulhijjah.

Nah, ternyata ada fakta-fakta menarik di balik penggantian kain kiswah Kakbah pertama kalinya tepat tahun baru Islam 1 Muharram. Berikut penjelasannya, seperti telah Okezone himpun.

Baca juga: 1 Muharram 1444H, Kiswah Kakbah Pertama Kalinya Diganti Tepat Tahun Baru Islam 

Penggantian kain kiswah Kakbah pertama kalinya pada 1 Muharram tepat tahun baru Islam. (Foto: Dani Jumadil Akhir/Okezone)

1. Diganti tepat malam tahun baru Islam

Kain kiswah Kakbah diganti tepat pada malam tahun baru Islam 1 Muharram 1444H usai Sholat Isya atau Kamis malam waktu Kota Makkah, Arab Saudi. Pekerja menaiki tangga hidrolik membuka satu per satu kain bertuliskan kaligrafi ayat-ayat suci Alquran yang menghias kiswah di empat sisi Kakbah.

Sementara pekerja lain yang berseragam gamis putih dengan rompi hitam berada di atas Kakbah untuk melepas kain sutera hitam yang menutup Kakbah.

Baca juga: Sejarah 1 Muharram Tahun Baru Islam Beserta Kemuliaannya yang Luar Biasa Besar 

2. Ribuan jamaah menyaksikan

Ribuan jamaah memadati Masjidil Haram. Mereka menyaksikan momen langka penggantian kiswah sambil tawaf mengelilingi Kakbah. Sebagian duduk di bagian pinggir area mataf atau area tawaf menyaksikan pelepasan kain kiswah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Durasi mengganti kiswah

Lebih dari satu jam sejak usai Sholat Isya sekira pukul 20.31 waktu Arab Saudi (WAS), pekerja masih berupaya melepas bagian-bagian kiswah. Tahun ini untuk pertama kalinya penggantian kiswah dilakukan pada 1 Muharram atas perintah Raja Salman.

"Ini kali pertama penggantian dilakukan 1 Muharram atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," kata Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi sebelumnya saat berkunjung ke tempat pembuatan kiswah, dikutip dari Antara, Sabtu (30/7/2022).

Penggantian kain kiswah Kakbah pertama kalinya pada 1 Muharram tepat tahun baru Islam. (Foto: MCH 2022/Antara)

4. Kiswah dihiasi kaligrafi Asmaul Husna

Kain kiswah penutup Kakbah terbuat dari kain sutera berwarna hitam yang dihiasi kaligrafi dan Asmaul Husna yang disulam benang emas dan perak.

Kiswah penutup Kakbah berukuran 6,3 meter kali 3,3 meter. Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat suci Alquran dan Asmaul Husna dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang dan lainnya.

5. Bahan mahal kiswah

Pembuatan kain kiswah Kakbah menghabiskan sebanyak 760 kilogram sutera dan 120 kg emas dan 100 kg perak dengan biaya sebesar 25 juta riyal Saudi atau setara Rp100 miliar. Kemudian dibuat selama 8–10 bulan oleh 220 teknisi dan seniman tenun.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: 4 Adab Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram, Bersyukur hingga Muraqabah 

Baca juga: Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444H, MUI: Tingkatkan Kualitas Amal 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini