Share

2 Doa Membeli Baju Baru, Bikin Nyaman dan Diberkahi Allah Ta'ala

Hantoro, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 618 2640491 2-doa-membeli-baju-baru-bikin-nyaman-dan-diberkahi-allah-ta-ala-D9cNW4PDud.jpg Ilustrasi doa membeli baju baru. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA membeli baju baru hendaknya diketahui atau bahkan sudah dihafal setiap Muslim. Pasalnya, hampir setiap orang pernah membeli baju baru, karena benda ini merupakan kebutuhan dasar umat manusia untuk menutupi auratnya.

Agama Islam memiliki banyak pedoman dan doa termasuk saat membeli barang atau baju baru. Maka itu ketika membeli baju baru dan hendak memakainya, jangan lupa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan meminta berkah-Nya.

Baca juga: Kisah Bule Cerdas Ucap Syahadat Usai Teliti Biografi Nabi Muhammad 

Info grafis amalan bulan Muharram. (Foto: Okezone)

Selain penunjang penampilan, baju atau pakaian merupakan kebutuhan setiap orang. Namun, banyak yang terlalu semangat untuk langsung memakai baju baru. Padahal, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada kulit.

Ada juga yang lupa untuk mengucap rasa syukur dengan berdoa, padahal pakaian baru tersebut adalah rezeki yang diberikan Allah Azza wa Jalla.

Baca juga: Hukum Mengunggah Perbuatan Amal ke Media Sosial 

"Doa terbaik adalah doa yang tertulis dalam Alquran, kemudian dalam hadis-hadis Nabi. Ada juga doa yang dibuat oleh para ulama. Semua doa itu baik selama tidak melanggar aturan nash," ujar Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin melalui pesan singkat kepada Okezone.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut ini lafal doa saat membeli baju baru. Doa ini diamalkan dalam rangka bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah(u)

"Ya Allah, hanya milik-Mu-lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya."

Baca juga: Fatwa MUI soal Uang Panai Pernikahan: Mubah Selama Tidak Menyalahi Prinsip Syariah 

Baca juga: 2 Doa Menghilangkan Jerawat dalam Islam, Insya Allah Kembali Bersih dan Sehat 

Biasanya sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam ketika melihat salah seorang sahabat mengenakan pakaian baru mereka mengatakan kepadanya:

تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى

Tubliy wa yukhlifullahu Ta’ala

"Kenakanlah sampai lusuh. Semoga Allah Ta'ala memberikan gantinya kepadamu."

Demikian penjelasan mengenai doa membeli baju baru. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini