Share

Kemenag Buat Aplikasi Alquran, Bisa Diakses via Web, Android, hingga iOS

Hantoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 614 2641710 kabar-baik-aplikasi-alquran-kemenag-kini-bisa-diakses-via-web-android-hingga-ios-9NAq571Uuz.jpg Ilustrasi aplikasi Alquran Kemenag. (Foto: Shutterstock)
A A A

KABAR baik untuk kaum Muslimin Tanah Air. Aplikasi Alquran Kemenag kini bisa diakses melalui website serta gawai berbasis Android hingga iOS. Aplikasi ini sendiri telah dikembangkan sejak 2015.

"Saya mengapresiasi pengembangan aplikasi Alquran ini dari website, Android, hingga menjadi iOS," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2022.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 4 Agustus 2022M/6 Muharram 1444H 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Ia juga menyampaikan pesan apresiasi dari Menteri Agama, Staff Khusus, atas kinerja pengembangan aplikasi Alquran ini.

"Kontribusi bapak/ibu luar biasa. Aplikasi mushaf Alquran bisa terus dijaga dan dikembangkan. Misal, seperti aplikasi Maktabah Syamilah. Kita bisa melihat apa saja. Bisakah Pentahsihah Alquran membuat pola seperti itu, di dalamnya ada ilmu tasawuf dan lainnya," kata Akhmad Fauzin, dikutip dari Kemenag.go.id.

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi Hari Ini: Melindungi Pendengaran dan Penglihatan dari Maksiat 

Akhmad Fauzin menjelaskan bahwa mushaf Alquran berbasis digital ini sangat strategis. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan mancanegara.

"Ke depan, saya berharap, kita juga bisa mengembangkan kitab-kitab lain dalam aplikasi ini. Selamat dan sukses. Semoga dengan bisa diakses pengguna iOS, aplikasi Alquran ini makin bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara Kepala Bidang Pengkajian Lajnah Pentashihan Alquran Kemenag Abdul Azis Sidqi melaporkan sudah sejak 2015 mengembangkan aplikasi ini.

"Saat ini kita perlu surat edaran untuk mengarahkan semua pegawai Kemenag, khususnya yang Muslim dapat men-download aplikasi Alquran Kemenag ini, termasuk di lingkungan madrasah, pesantren, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ini bisa mendongkrak penggunaan aplikasi Alquran Kemenag," tutupnya.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Rasain! Abu Nawas Dijuluki Guru Badut sama Santri-santrinya, Ini Gara-garanya 

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Cara Membacanya 

Info grafis amalan bulan Muharram. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini