Share

Masya Allah! Santri Asal Mojokerto Ini Jadi Rebutan 11 Kampus Top di Amerika hingga Eropa

Hantoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 614 2641904 masya-allah-santri-asal-mojokerto-ini-jadi-rebutan-11-kampus-top-di-amerika-hingga-eropa-hV2yq6uS3o.jpg MA Gymnastiar Putra santri cerdas asal Mojokerto diterima di 11 kampus top dunia. (Foto: Istimewa/nu.or.id)
A A A

MEMBANGGAKAN! Santri asal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, bernama MA Gymnastiar Putra jadi rebutan kampus-kampus top dunia. Ia berhasil diterima 11 kampus di luar negeri; mulai Amerika, Australia, hingga Belanda di Benua Eropa.

Namun, Putra memutuskan melanjutkan jenjang kuliah di Colorado School of Mines, Amerika Serikat. Ia memilih jurusan teknik pertambangan.

Baca juga: Dulu Benci Islam, Bule Cantik Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf Usai Baca Isi Kandungan Alquran 

Siswa yang lulus dari Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah tahun pelajaran 2021/2022 ini mengaku memang sangat berkeinginan belajar di luar negeri.

"Mulai kecil saya memang ingin belajar ke luar negeri. Jadi motivasi kuat untuk belajar ke luar negeri itulah yang mendorong saya untuk belajar di MBI Amanatul Ummah. Madrasah yang telah mengantarkan santrinya untuk melanjutkan kuliah di berbagai negara yang tersebar di benua Eropa, Australia, Asia, dan Afrika," ungkapnya, dikutip dari nu.or.id, Kamis (4/8/2022).

MA Gymnastiar Putra santri cerdas asal Mojokerto diterima di 11 kampus top dunia. (Foto: Istimewa/nu.or.id)

Ia menjelaskan, dirinya memilih Colorado School of Mines karena ingin berkontribusi untuk Indonesia dalam sektor pertambangan. Tentunya dengan memperbaiki masalah yang ada di pertambangan Tanah Air.

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Cara Membacanya 

Bagi dirinya, pilihan belajar di universitas dengan jurusan teknik pertambangan nomor satu di dunia merupakan salah satu cara terbaik mempersiapkan diri memperbaiki sektor pertambangan di dalam negeri.

"Jadi dengan belajar di universitas ini, saya bisa mendapatkan ilmu yang tidak bisa saya dapatkan di Indonesia, dan membawanya kembali untuk menerapkannya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada (di Indonesia)," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Santri asal Kabupaten Banyuwangi ini tercatat pernah menorehkan banyak prestasi tingkat internasional. Di antaranya, juara 1 lomba bahasa Inggris tingkat Internasional di ajang FISO USA 2022, juara 1 invention competition di ajang UNIPO USA 2022.

Kemudian menjadi delegasi terbaik di International MUN 102.0 2022 sebagai The Honorable Mention UNESCO, dan Bronze Medal LKTI International di ajang YISF 2022.

Baca juga: Arti Nifas pada Ibu Melahirkan Beserta Hukum-hukumnya Menurut Islam 

Baca juga: 5 Fakta di Balik Pagar Pembatas Kakbah Dilepas, Jamaah Bisa Cium Kakbah dan Hajar Aswad Lagi 

Adapun 11 kampus top dunia yang telah menerima santri kelahiran 13 Mei 2003 ini adalah Colorado School of Mines (Mining Engineering), Curtin University (Mining Engineering), University of Western Australia (Mining Engineering).

Lalu ada University of Arizona (Mining Engineering), Wageningen University of Research (Environmental Science), Arizona State University, Oregon State University, Kent State University, Saint Louis University, University of North Dakota, dan University of Cincinnati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini