Share

Bergetar Baca Surat Maryam, Bule Amerika Ini Yakin Masuk Islam Ucap Dua Kalimat Syahadat

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 621 2641947 bergetar-baca-surat-maryam-bule-amerika-ini-yakin-masuk-islam-ucap-dua-kalimat-syahadat-izI0PYP1gy.jpg Kisah bule Amerika Mustafa Davis masuk Islam usai baca Surat Maryam. (Foto: YouTube Mualaf Terbaru-KMid)
A A A

INILAH kisah hidayah Islam yang dirasakan seorang bule bernama Mustafa Davis. Ia merupakan pembuat film dan seniman dunia asal California, Amerika Serikat. Dirinya memutuskan menjadi mualaf setelah bergetar usai membaca Surat Maryam.

Awalnya Davis tidak terlalu mengenal agama Islam. Dia hanya mengetahui Islam adalah negara orang Arab.

Namun suatu hari pada 1996, dia bertemu seorang teman dalam perjalanannya menuju kampus. Belakangan Davis tahu dia dan pria bernama Whitney Canon itu belajar dalam kelas bahasa Prancis yang sama.

Lalu mengetahui bahwa Whitney adalah seorang seniman dan musisi sepertinya, Davis kerap melalui waktu bersamanya setelah itu, terutama di ruang piano di aula musik kampusnya.

Baca juga: Dulu Benci Islam, Bule Cantik Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf Usai Baca Isi Kandungan Alquran 

Selama satu semester, dengan cara menyelinap, ia dan Whitney melalui waktu di ruangan itu, kemudian bermain musik atau berbincang tentang persoalan kerohanian di sana.

Pada suatu Rabu di tahun yang sama, bersama salah seorang temannya, Whitney Canon (kini Muslim), Davis sedang menyantap sushi di sebuah restoran Jepang dekat kampus. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan sebuah pengakuan bahwa dirinya lelah dengan kehidupan yang dijalani.

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

"Aku ingin mengembalikan hidupku pada jalurnya," tulis Davis dalam sebuah note di akun Facebook-nya, seperti dikutip dari kanal YouTube Mualaf Terbaru-KMid, Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, gaya hidupnya kala itu menjauhkannya dari kesuksesan, dan hanya agama yang mungkin mengubahnya. "Aku harus kembali ke rumah ibadah," ujarnya.

Baca juga: Menangis Pertama Kali Dengar Adzan, Bule Cantik Ini Mantap Masuk Islam 

Tiba-tiba Whitney bertanya, apakah dirinya pernah berpikir tentang Islam? Davis menjawab “tidak” dan mengatakan pada Whitney bahwa Islam adalah agama Arab atau gerakan separatis bangsa kulit hitam. Dari banyak informasi dan peristiwa, Davis hanya memiliki stigma negatif tentang Islam di dalam otaknya.

"Selain itu, aku belum pernah melihat Muslim yang baik dan taat waktu itu," katanya.

Mendapati respons negatif dari Davis, Whitney kemudian bercerita tentang kakak laki-lakinya yang masuk Islam. Dari kakaknya, Whitney mengatakan bahwa Islam bukan hanya untuk Arab serta merupakan agama universal.

Whitney lalu melontarkan pertanyaan baru kepada Davis, "Apakah kamu mengetahui Muhammad?"

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Davis mengaku hanya mengetahui satu orang dengan nama Muhammad, yakni Elijah Muhammad yang merupakan salah satu pemimpin utama di Nation of Islam. Whitney lalu menjelaskan hanya ada seorang pria bernama Muhammad yang merupakan nabi asal Arab yang sesungguhnya.

"Kau harus mengenalnya," kata Whitney kala itu.

Mendengar kata "Arab", Davis tidak tertarik untuk masuk ke perbincangan yang lebih jauh tentang Islam. Ia kemudian mengakhiri perbincangan itu dan beranjak menuju tempat kerjanya, karena Davis bekerja pada malam hari.

Pulang dari tempat kerjanya, Davis singgah di sebuah toko buku untuk membeli kitab agamanya dahulu. Ketika melewati deretan rak bertema "Filosofi Timur", pandangan Davis tiba-tiba tertuju pada sebuah buku berwarna hijau.

Terdapat nama "Muhammad" tertulis dengan huruf timbul berwarna emas di sampulnya. "Aku menghentikan langkahku, berpikir sejenak, dan mengambil buku itu dari rak," katanya.

Baca juga: Cerita Bule Australia Jadi Mualaf Setelah Bekerja di Indonesia, Bermula Takjub Lantunan Adzan 

Rasa ingin tahu Davis tergugah saat membaca judul kecil di bawah tulisan "Muhammad", yakni "Kehidupannya Berdasarkan Sumber Paling Awal".

"Kata 'Sumber Paling Awal' menggelitikku karena aku sangat mengetahui adanya debat teologis tentang sejumlah kesalahan yang ditemukan dalam kitab. Fakta itu menggangguku," kata pendiri Cinemotion Media dan Mustava Davis Incorporation ini.

Ia kemudian membuka buku itu dan dengan susah payah coba membaca banyak kata dalam ejaan Arab. "Empat atau lima kalimat yang kubaca menyebut kata 'Alquran' beberapa kali," ungkapnya.

Ejaan-ejaan Arab yang menyulitkan itu lalu dirasanya membenarkan pemahamannya bahwa Islam adalah agama orang Arab. Maka, Davis mengembalikan buku itu ke rak.

Baca juga: Viral Tentara Amerika Masuk Islam Setelah Kalah Debat, Kini Jadi Pembimbing Agama 

Saat beranjak meninggalkannya, tulisan emas di sampul buku itu kembali menarik pandangan Davis, sehingga ia kembali melihat ke arah buku tersebut. Ketika itu ia melihat sebuah buku lain berjudul "The Quran", dan teringat pada beberapa kata yang baru ia baca dalam buku berjudul "Muhammad".

Setelah mengambil dan membukanya secara acak, Davis berhadapan dengan halaman pertama Surat Maryam. "Aku membaca surat itu dari awal hingga akhir dan merasakan tubuhku bergetar saat membaca penjelasan detail tentang kelahiran Nabi Isa yang menakjubkan," ujarnya.

"Aku tidak menyangka bahwa Muslim memercayai kelahiran yang menakjubkan itu, dan bahwa mereka tidak memercayai sosok anak Tuhan. Sebagai seorang non-Muslim, aku tidak pernah bisa menerima pernyataan bahwa Tuhan mempunyai anak," sambungnya.

Davis menangis dengan terjemahan Alquran di tangannya. Ia memutuskan membeli kitab itu, lupa dengan tujuannya membeli kitab agamanya dahulu, dan meninggalkan toko buku itu.

Keesokannya saat berjalan menuju kampusnya, Davis dititipi barang jualan milik temannya bernama Khadim. Ketika itu Khadim ingin menjalani Sholat Zuhur.

Saat bersama Khadim itulah seorang mahasiswa Pakistan menghampiri dan menyapa pria Senegal itu. Seperti Khadim, ia mengira Davis seorang Muslim, dan gembira saat mendengar Davis telah membaca Alquran.

Ia lalu menawari menawarkan dirinya untuk menemani Davis melihat-lihat masjid. Davis pun menerima tawarannya.

Baca juga: Kisah Bule Cerdas Ucap Syahadat Usai Teliti Biografi Nabi Muhammad 

Keesokan harinya, mahasiswa itu menjemput Davis dan membawanya ke sebuah masjid milik Asosiasi Komunitas Muslim di Santa Clara Kalifornia setelah terlebih dulu ia mengajak makan siang di rumahnya. Ketika tiba di masjid, Davis disambut sekira 40 pria yang menyapanya sambil tersenyum.

Setelah duduk dan bergabung dengan pria-pria tersebut, Davis ditanya apakah ia mengetahui sesuatu tentang Islam. Ia menceritakan Alquran yang dibelinya dan menyampaikan hal-hal tentang Islam yang diketahuinya melalui kitab tersebut.

Baca juga: Gara-Gara Dengar Lagu Wali Band 'Tobat Maksiat', Mantan Aktivis Ini Dapat Hidayah dan Mantap Masuk Islam 

"Lalu seorang di antara mereka bertanya apakah aku memercayai Nabi Muhammad dan tanpa ragu kujawab 'Ya'. Aku ditanya apakah aku percaya tentang anak Tuhan, kujawab 'Tidak'."

Ia lalu menjelaskan banyak hal tentang Islam kepada Davis, malaikat, kitab-kitab Allah Subhanahu wa ta'ala, hari perhitungan (yaumul hisab), dan banyak lainnya. Setelah memberikan penjelasan itu, ia bertanya apakah Davis memercayai semua itu.

Davis kembali menjawab "Ya". Lalu pria itu berkata, "Itu adalah apa yang dipercayai oleh Muslim dan kamu memercayainya. Maka apakah kamu ingin menjadi seorang Muslim?"

Davis kembali menjawab "Ya" tanpa keraguan sedikit pun. Pria itu lalu membimbingnya membaca dua kalimat syahadat. "Aku ingat hari itu tanggal 17 Ramadhan 1416 Hijriah," pungkasnya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini