Share

Bacaan Doa Kehilangan Uang Lengkap Arti dan Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 618 2642599 bacaan-doa-kehilangan-uang-lengkap-arti-dan-keutamaannya-SIqLdRQKAN.jpg Ilustrasi bacaan doa kehilangan uang. (Foto: Shutterstock)
A A A

BACAAN doa kehilangan uang sangat penting diketahui setiap Muslim. Pasalnya, musibah hilangnya uang atau harta benda lain pernah dialami banyak orang. Dengan mengamalkan doa sesuai ajaran Islam akan membuat diri lebih baik dalam menghadapinya.

Dikutip dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan ada doa yang bisa dibaca ketika kehilangan sesuatu, termasuk uang, atau bahkan kerabat meninggal dunia.

Baca juga: Surat Yasin Baca di Alquran Digital Okezone: Lengkap 83 Ayat, Teks Arab Latin, Terjemahan 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Baca juga: Cuma Gosok Balsam ke Gajah, Abu Nawas Dapat Uang Banyak, Menang Banyak! 

Dijelaskan dalam sebuah riwayat, Ummu Salamah pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا. إِلاَّ أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

"Siapa saja dari hamba yang tertimpa suatu musibah lalu ia mengucapkan 'INNAA LILLAHI WA INNAA ILAIHI ROOJI’UN. ALLOHUMMA’JURNII FII MUSHIBATII WA AKHLIF LII KHOIRON MINHAA (Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik)', maka Allah akan memberinya ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik."

Ketika Abu Salamah (suamiku) wafat, aku pun menyebut doa sebagaimana yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan padaku. Allah pun memberiku suami yang lebih baik dari suamiku yang dulu yaitu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam." (HR Muslim nomor 918)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ummu Salamah juga berucap:

فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُو سَلَمَةَ قُلْتُ مَنْ خَيْرٌ مِنْ أَبِى سَلَمَةَ صَاحِبِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ عَزَمَ اللَّهُ لِى فَقُلْتُهَا. قَالَتْ فَتَزَوَّجْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.

"Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku mengatakan, 'Siapa yang lebih baik dari Abu Salamah —sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam?' Kemudian Allah memberikan petunjuk padaku (aku tawakkal dan pasrah kepada Allah, pen) untuk tetap mengucapkan bacaan tadi. Ummu Salamah pun berkata, 'Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun akhirnya menjadi suamiku'." (HR Muslim nomor 918)

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa kehilangan uang dan lainnya, atau bahkan kerabat meninggal dunia. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini