Share

Terima Suap Rp199 Miliar, Mantan Pejabat Taman Nasional Harimau Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup

Susi Susanti , Okezone · Sabtu 06 Agustus 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 18 2643129 terima-suap-rp199-miliar-mantan-pejabat-taman-nasional-harimau-dijatuhi-hukuman-penjara-seumur-hidup-LeOuaXgR8n.jpg Mantan penjaga taman nasional harimau dihukum penjara seumur hidup karena terima suap (Foto: AP)
A A A

HONG KONG - Sebuah pengadilan di provinsi timur laut Heilongjiang mengatakan pada Jumat (5/8/2022), seorang mantan pejabat senior China untuk Taman Nasional Harimau dan Macan Tutul yang terkenal dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menerima suap hampir 90 juta yuan (Rp199 miliar).

Pengadilan dalam sebuah pernyataan di situsnya mengatakan Jing Dongwen, mantan Wakil Direktur Taman Nasional Harimau dan Macan Timur Laut di Provinsi Jilin dan Heilongjiang, diambil hak politiknya seumur hidup dan semua propertinya disita.

Pengumuman itu menandai keyakinan langka dari seorang pejabat konservasi China. Pengadilan menyatakan Jing, mantan Wakil Direktur Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Negara China, "mengambil keuntungan dari posisinya" dari Maret 2000 hingga Juni 2013, untuk menerima suap secara ilegal di bidang-bidang seperti "pengadaan kayu dan kontrak proyek".

Baca juga: Mengejutkan! Mantan Menteri China Akui Terima Suap Rp257 Miliar

"Jing Dongwen sebagai pejabat negara, memanfaatkan posisinya untuk mencari keuntungan bagi orang lain dan menerima properti secara ilegal, yang jumlahnya sangat besar, dan perilakunya merupakan kejahatan menerima suap," kata pengadilan.

Baca juga: Dilematis, Kembalinya Harimau dari Ambang Kepunahan Bawa Kegembiraan dan Ketakutan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut pemerintah, Taman Nasional Harimau dan Macan Tutul Timur Laut memulai operasi percontohan pada Januari 2017 dan mencakup area seluas 14.000 km persegi.

China sedang mencoba membangun lebih banyak taman nasional untuk konservasi ekologi yang lebih baik setelah penebangan kayu dan penambangan hampir membuat harimau Siberia liar dan macan tutul Amur, yang lazim di timur laut China, hampir punah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini