Share

Apakah ASI Ibu 35 Tahun ke Atas Kualitasnya Berkurang?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 13:15 WIB
$detail['images_title']
Ibu 35 tahun ke atas (Foto: Times of india)

ADA sebagian ibu berusia 35 tahun atau lebih dan memiliki anak bayi merasa ragu memberikan ASI. Ada anggapan, ASI di usia tersebut tidak lagi berkualitas, sehingga tak jarang dari mereka mengandalkan susu formula.

Pikiran semacam ini menurut Ahli Kesehatan Anak Dr.dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K), salah besar. Sebab, ASI yang diproduksi perempuan berusia 35 tahun ke atas tetap jadi makanan terbaik bayinya sampai usia 2 tahun.

 ibu menyusui

"Tidak ada pengaruh cukup berarti antara ASI dengan usia perempuan. Bagaimana pun ASI yang diproduksi seorang ibu merupakan ASI terbaik untuk bayinya," papar dr Naomi di Webinar Pekan Menyusui Sedunia yang diinisiasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Sabtu (6/8/2022).

Dengan kata lain, ibu yang berusia 35 tahun atau lebih tidak menghasilkan ASI yang buruk untuk bayinya. Jadi, tegas dr Naomi, jangan ragu bagi Anda untuk tetap memberikan ASI ke bayi.

 BACA JUGA:90% Ibu Menyusui Merasa Bahagia Jika Suami Mendukung, Bapak Wajib Baca!

ASI akan tetap baik, sambung dr Naomi, jika didukung juga asupanan makanan dan minuman yang bergizi seimbang dari ibunya. Hal ini akan sangat menentukan produksi ASI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain konsumsi pangan yang sehat dan bergizi seimbang, ibu juga harus tetap berolahraga, tidak merokok, dan istirahat yang cukup. Semua ini akan tetap menjamin produksi ASI baik.

"Jadi, enggak usah takut kalau ASI yang diproduksi ibu berusia 35 tahun ke atas tidak lagi berkualitas, terlebih jika Anda menjalani pola hidup yang sehat dan juga bersih," tambah dr Naomi.

1
2