Share

90% Ibu Menyusui Merasa Bahagia Jika Suami Mendukung, Bapak Wajib Baca!

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 06 Agustus 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 612 2643077 90-ibu-menyusui-merasa-bahagia-jika-suami-mendukung-bapak-wajib-baca-IsoBkR0hVD.jpg Ibu menyusui (Foto: UT Physicians)
A A A

PERAN pasangan dalam hal ini, suami bagi ibu menyusui sangatlah penting. Hal tersebut diungkap studi bahwa 90% ibu merasa bahagia, jika suami mendukung. Sebab peran ayah juga sangat penting bagi ibu dan anaknya.

Rasa bahagia bagi ibu menyusui menjadi hal yang penting, sebab bisa memberikan ASI lebih baik kepada sang anak. Suami jadi aktor utama, juga peran tenaga kesehatan sampai ibu mertua ikut berperan dalam memberikan kebahagiaan pada ibu dimasa menyusui.

 ibu menyusui

"Kalau saya mendapatkan kebahagiaan saat menyusui, bilang bahwa dapat dukungan dari suami sebanyak 90 persen. Jadi suami adalah aktor pertama yang mendukung menyusui, dan ibunya sendiri dan juga tenaga kesehatan, sampai ibu mertua" Dr, dr Ray Wagiu Basrowi, MKK Founder and Chairman Health Collaborative Center, dalam Webinar Hasil Penelitian Terbaru Tentang Ibu Menyusui, Sabtu (6/8/2022).

Berikut hasil determinan dukungan dalam penelitian yang dilakukan Health Collaborative Center, antara lain:

-Bentuk dukungan yang diharapkan oleh ibu menyusui adalah dukungan psikologis 89% atau (1782 responden), dukungan informasi sebanyak 72% atau (1438 responden), dukungan dari layanan kesehatan 68% (1362) dan dukungan materiil 54% (1071).

-Pihak yang perlu mendukung ibu untuk memberikan ASI adalah suami sebanyak 90% atau 1810 responden yang memilih, ibu dari ibu menyusui 59% atau 1182 responden, ibu itu sendiri 58% atau 1169 responden, tenaga kesehatan 52% atau 1048 responden, ibu mertua dari ibu menyusui 50% atau 997 responden,dll..

Dalam laporan tersebut, terlihat bahwa dukungan yang dibutuhkan oleh ibu agar bahagia dalam masa menyusui, paling besar dukungan secara psikologis. Juga peranan suami yang menjadi paling utama dengan hasil 90%.

Kendati demikian, banyak ibu di Indonesia membutuhkan dukungan psikologis dari suami. "Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika ibu menyusui mendapatkan dukungan psikologis, dukungan psikologis bukan sekedar dukungan tapi juga menemani dan menjaga seperti ditemani ketika menyusui," jelas Dr Ray.

 BACA JUGA:6 Tips Ibu Menyusui yang Jalani Puasa, Jangan Sampai Dehidrasi Ya

Sekedar informasi, penelitian yang dilakukan melibatkan sebanyak 2.011 responden. Dengan rincian, 66% atau 1.323 responden merupakan ibu rumah tangga, 16% atau 319 responden merupakan pegawai swasta dan 4% atau 87 responden merupakan pekerja lapangan dan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini