Share

Ini Penyebab Puting Lecet saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Syifa Fauziah, Okezone · Sabtu 06 Agustus 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 612 2643192 ini-penyebab-puting-lecet-saat-menyusui-dan-cara-mengatasinya-UMQJjkOtZD.jpg Podcast Aksi Nyata (Foto: ist)
A A A

SUDAH jadi kodrat seorang ibu, melahirkan dan menyusui. Para ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka, salah satunya dengan memberikan ASI eksklusif selama dua tahun.

Namun menjadi ibu menyusui tentu bukanlah hal yang gampang. Banyak kendala yang dirasakan ibu saat melakukan proses mengASIhi itu. Salah satunya adalah mengalami puting lecet.

Ya, saat mengalami puting lecet memang rasanya sangat menyakitkan. Banyak ibu yang justru menunda pemberian ASI karena tak tahan dengan rasa sakitnya.

 Podcast Aksi Nyata

Konselor Laktasi, dr. Nadia Putri Utami Putri mengatakan puting lecet itu disebabkan karena posisi bayi yang kurang tepat.

Menurutnya menyusui itu tak hanya sekedar menempelkan mulut bayi ke payudara si ibu. Tapi ada tekniknya.

"Biar nggak lecet mulut bayi harus terbuka lebar, nggak cuma ngehisap di puting tapi juga ke area kehitaman di sekitar puting juga, dagunya (bayi) harus nempel ke payudara," jelas Dokter Nadia dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Peringati Breastfeeding Week 2022: Cegah Stunting dengan ASI Eksklusif, di YouTube Partai Perindo, Sabtu (6/8/2022).

Dokter Nadia juga menambahkan saat menyusui dalam keadaan menggendong, sebaiknya posisi perut bayi dan ibu harus menempel.

"Biasanya banyak bayi yang lagi minum ASI tapi badannya lurus atau dengan posisi yang salah. Jadi bayi itu hanya menggigit puting saja dan tidak mendapatkan ASI yang maksimal," tambahnya.

Dokter Nadia menambahkan ketika puting mengalami lecet yang cukup parah, sebaiknya keluarkan sedikit ASI dan oleskan ke area puting.

 BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar

"Tapi bayi harus tetap disusui yah di payudara sebelahnya dan ASI harus dikeluarkan biar tidak bengkak," imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini