Share

Horor! 10 Kerajaan Jin yang Ada di Indonesia, Lokasinya Menyeramkan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 406 2645389 horor-10-kerajaan-jin-yang-ada-di-indonesia-lokasinya-menyeramkan-uJQK7MGwhC.jpg Ilustrasi (Yorkshirerepost)

KONON ada 10 kerajaan jin yang ada di Indonesia. Indonesia penuh sejarah kerajaan dan punya berbagai kisah mistis. Kerajaan yang pernah berjaya pada masanya ini diketahui dari peninggalannya berupa candi maupun prasasti.

Uniknya lagi, kerajaan yang ada di Indonesia tak hanya kerajaan bercorak Hindu, Budha, dan Islam melainkan juga dipercaya terdapat kerajaan jin. Konon, kerajaan jin dipercaya oleh sebagian warga yang mendiami suatu daerah di Indonesia.

Lantas, mana saja kerajaan jin yang ada di Indonesia? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

10 Kerajaan Jin yang Ada di Indonesia

1. Kerajaan Jin Laut Selatan

Laut Selatan hingga kini dipercaya sebagai pusat kerajaan jin di wilayah pantai Selatan. Terdapat beberapa versi yang menceritakan tentang penguasa Kerajaan gaib di Pantai Selatan ini, yang paling populer adalah versi Ratu Nilakendra.

Konon, Kerajaan Selatan ini merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Nilakendra sang permaisuri Prabu Siliwangi. Setelah takluk oleh Kesultanan Banten, ia tak mau mengikuti jejak suaminya untuk percaya kepada Tuhan namun memilih lari dan menceburkan diri ke laut.

ilustrasi

Ilustrasi Nyi Roro Kidul

Sebab memiliki ilmu tinggi, ia tak mati melainkan melakukan ritual yang mengubah diri menjadi makhluk gaib. Kala itu Ratu Nilakendra sedang mengandung dan melahirkan Dua Putri kembar yang bernama Nilamsari dan Rantamsari.

Nilamsari menguasai Pantai Selatan Jawa bagian tengah yang disebut Nyi Roro Kidul. Sedangkan, Rantamsari menjadi penguasa Pantai Utara Jawa yang disebut Dewi Lanjar.

2. Kerajaan Jin Alas Purwo

Alas Purwo termasuk salah satu hutan yang ada di Banyuwangi. Selain keindahan hutan dan hewan endemik yang ada, Alas Purwo juga dipercaya sebagai Kerajaan jin paling besar di daratan Indonesia.

Warga setempat percaya kawasan ini sangat angker sebab kabarnya sering terjadi penampakan-penampakan makhluk tak kasat mata. Konon katanya, para raja-raja zaman dulu bersekutu dengan jin penghuni kerajaan ini untuk mendapatkan kesaktian dan kemakmuran.

Selain itu, banyak pula cerita yang menyebut bahwa Alas Purwo adalah pelarian bagi raja-raja yang tidak percaya pada agama.

3. Kerajaan Jin Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu dari 10 gunung aktif paling berbahaya di dunia. Dibalik kedahsyatannya, banyak masyarakat yang percaya bahwa di gunung Merapi terdapat sebuah kerajaan yang dihuni oleh makhluk astral yang dipimpin oleh Eyang Merapi.

Kerajaan ini juga dipercaya membantu Kerajaan Mataram menghancurkan sebagian bala tentara Kerajaan Pajang dengan hujan abu vulkanik. Pasar Bubrah dipercaya sebagai pusat kerajaan ini.

4. Kerajaan Jin Masalembo

Mungkin orang umumnya mengenal masalembo sebagai segitiga bermudanya Indonesia. Perairan yang berada di tengah-tengah Pulau Bawean Kepulauan Tengah dan Kota Majene ini dipercaya memiliki kerajaan jin..

Sebab, wilayah perairan ini terkenal angker dan banyak menyebabkan jatuh korban jiwa. Setidaknya ada beberapa insiden kapal yang mengalami kecelakaan tragis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Kerajaan Jin Pulomas

Kabupaten Indramayu ternyata juga memiliki kerajaan jin yang berbentuk rawa-rawa. Seorang juru kunci setempat mengatakan jika orang biasa mungkin hanya bisa melihat rawa-rawa biasa, namun bagi orang yang memiliki penglihatan khusus maka akan melihat sebuah kerajaan besar dengan tembok kokoh yang terbuat dari emas murni.

Kerajaan ini dipercaya dipimpin oleh seorang raja jin yang sangat Sakti bernama Raden Werdinata. Raja ini didampingi oleh Mahapatih tersohor bernama Mahapatih Jongkara dan dibantu oleh panglima perang yang diberi gelar Kalasrenggi. Hingga kini kerajaan jin Pulomas diyakini masih ada dan tetap dipimpin oleh Raja Werdinata.

6. Kerajaan Pangeran Agung Borneo

Di kawasan hutan Kalimantan di antara pohon-pohon tua berpostur raksasa menjadi pusat dari kerajaan jin. Wilayah kekuasaannya sangat luas hingga memakan separuh lebih daratan pulau Borneo.

Tidak ada orang yang tahu persis berapa usia dari Kerajaan Pangeran Agung Borneo. Namun banyak yang percaya, kerajaan ini sudah ada jauh sebelum Kalimantan dihuni manusia.

ilustrasi

7. Kerajaan Jin Paloh

Selain kerajaan Pangeran Agung Borneo, kerajaan jin yang ada di Kalimantan terletak di Kalimantan Barat tepatnya di kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Konon, kerajaan ini dihuni oleh kaum bunian dan dipimpin oleh Raden Sandhi yang memiliki ikatan darah dengan raja-raja terdahulu dari Kerajaan Brunei dan Kerajaan Sambas.

Salah satu penjaga kawasan hutan konservasi di Sambas mengatakan kerajaan ini kerap muncul secara tiba-tiba di tengah hutan belantara. Setelah dihampiri kerajaan yang sangat megah ini lantas menghilang.

8. Kerajaan Jin Padang

Padang KM 12 merupakan kawasan di daerah Ketapang, Kecamatan Kendawangan dan Kecamatan Pesanggrahan. Kawasan yang dipercaya angker ini ternyata memiliki kerajaan jin.

Masyarakat di kerajaan ini disebut orang bunian atau orang kebenara. Kerajaan Padang 12 juga memiliki berbagai cerita mistis yang telah beredar. Banyak orang mengatakan penghuni kerajaan ini adalah makhluk astral baik yang mengganggu orang jahat dan membantu orang baik.

9. Kerajaan Jin Laut Aceh

Konon, Nyi Roro Kidul ingin memperluas kekuasaannya dengan ekspansi ke wilayah pantai yang ada di provinsi Sumatera, yakni Aceh. Di lingkungan istana Kerajaan Laut Selatan, mereka membahas rencana ekspansi itu dengan menyiapkan ribuan bala tentara.

Sebuah pasukan sudah disiapkan untuk menggempur dan menaklukkan Kerajaan yang dihuni oleh makhluk jin di pantai Aceh dengan bala tentaranya disiapkan untuk melakukan invasi ke kawasan Pantai Aceh.

Pertempuran pun pecah kedua kubu kerajaan terlibat peperangan yang dahsyat, sebuah ilmu dikerahkan untuk saling perang tidak disangka makhluk gaib penguasa Pantai Aceh ternyata bersekutu dengan jin penguasa Laut Merah. Ribuan bala tentara jin dari Laut Merah pun turut berperang melawan pasukan dari Pantai Selatan. Karena kekuatan yang dahsyat akhirnya Ratu Pantai Selatan akhirnya mundur dari peperangan.

10. Kerajaan Jin Wentira

Cerita tentang Wentira sudah banyak menghebohkan masyarakat Sulawesi, bahkan masyarakat nasional. Wentira dipercaya sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara antara Kota Palu dan Kabupaten Buton, Sulawesi Tengah.

Cerita yang berkembang menyebutkan jika pemimpin Wentira adalah raja yang memiliki 7 panglima perang yang masing-masing memiliki bala tentara yang banyak.

Konon, banyak yang menganggap Wentira sebagai salah satu titik paling angker yang ada di Indonesia. Ada juga yang berpendapat bahwa Wentira merupakan warisan dari benua Ussy yang hilang.

Demikian 10 kerajaan jin yang ada di Indonesia yang tak banyak orang ketahui.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini