Share

10 Penjara Rahasia yang Sengaja Disembunyikan dari Publik, Nomor 4 "Neraka" bagi Kaum LGBT

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 408 2645233 10-penjara-rahasia-yang-sengaja-disembunyikan-dari-publik-nomor-4-neraka-bagi-kaum-lgbt-xrD8SDot2U.JPG Ilustrasi (Foto: Los Angeles Times)

10 PENJARA rahasia ini sengaja disembunyikan pemerintah dari rakyatnya. Seperti kita tahu bahwa penjara merupakan suatu tempat yang diperuntukkan bagi seseorang yang melakukan tindak kejahatan.

Umumnya, keberadaan penjara diketahui oleh publik. Namun, ternyata terdapat pemerintahan dan badan intelijen di berbagai negara mengoperasikan penjara rahasia.

Bahkan diketahui, fasilitas-fasilitas ini tidak secara resmi ada dan menunjukkan bahwa penjara tersebut disembunyikan dengan baik dari mata-mata lembaga hak asasi manusia dan pengadilan.

Lantas, mana saja 10 penjara rahasia yang disembunyikan pemerintah dari rakyatnya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini. Melansir laman Toptenz, terdapat 10 penjara rahasia yang disembunyikan pemerintah lokal dari publik di dunia yaitu;

1. Penjara rahasia Ukraina

Organisasi hak asasi manusia dan mantan tahanan yang diduga telah lama mengklaim bahwa dinas keamanan Ukraina SBU digunakan untuk mengoperasikan penjara rahasia. Namun, para wartawan telah menemukan sejumlah besar bukti bahwa hal ini mungkin terjadi.

Penjara rahasia itu beroperasi antara 2014 dan 2016, dan sebagian besar disediakan untuk orang-orang yang mendukung Rusia, dengan siapa Ukraina telah berkonflik sejak 2014.

2. Black Jails, China

Black Jails atau penjara hitam merupakan penjara rahasia yang dioperasikan secara ilegal oleh banyak pemerintah provinsi di China dan otoritas setempat. Penjara ini diperuntukkan bagi orang-orang yang secara aktif mengoreksi dan mengkritik kegagalan keadilan di daerah mereka.

Seorang aktivis hak asasi manusia (HAM) Swedia yang tinggal di Beijing mengatakan bahwa pada 2016, ia diculik di tengah malam dan dibawa ke penjara hitam untuk ditahan di sana selama 23 hari. Dalam penculikan itu, ia benar-benar trauma sebab diinterogasi secara maraton hingga larut malam.

Black Jails, China
(Black Jails, Foto: hrg.org)

3. Penjara rahasia Uni Emirat Arab di Yaman

Pada 2011, negara Yaman, salah satu negara Arab, mengalami serangkaian pemberontakan yang menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Pada tahun 2015, sebuah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi melakukan intervensi dan mulai membebaskan daerah itu. Menurut Amnesty International, pada 2016 Uni Emirat Arab (UEA) membangun fasilitas penjara besar di kota Aden, dan menjaganya agar tetap rahasia sehingga hanya diketahui berkat citra satelit.

Sepanjang 2016 dan 2017, penjara terus bertambah, dan ratusan tahanan pada dasarnya menghilang dari dunia selama berbulan-bulan. Laporan menunjukkan bahwa ada seluruh jaringan fasilitas penahanan semacam itu, yang dijalankan baik oleh UEA atau pasukan lokal yang dilatih.

4. Penjara Gay, Chechnya

Pada 2018, laporan yang mengkhawatirkan mulai muncul tentang perlakuan terhadap warga gay di wilayah Chechnya, Rusia. Menurut Jaringan LGBT Rusia yang berbasis di St. Petersburg, daerah tersebut telah menangkap kaum gay ke penjara rahasia.

Di penjara rahasia, mereka mengalami serangkaian siksaan yang mencakup kelaparan dan sengatan listrik. Yang lebih buruk, bukan hanya sekelompok sipir yang melakukan penyiksaan melainkan diarahkan oleh pejabat tertinggi Chechnya.

5. Salt Pit, Afghanistan

Salt Pit adalah penjara rahasia milik CIA yang terkenal di Afghanistan. Diduga terdapat 64 orang yang ditahan di sini yang diyakini sebagai anggota organisasi teroris tingkat tinggi, seperti pengawal Osama bin Laden.

Penjara ini mulai beroperasi pada 2002, ketika perang melawan teror 9/11. Di tahun pertama, penjara ini telah menewaskan seorang tahanan bernama Gul Rahman.

Ia meninggal sebab dipukul staf dan meninggal dengan setengah telanjang, serta dirantai ke lantai beton yang dingin. Rahman resmi meninggal karena hipotermia, meski terdapat banyak luka dan memar di sekujur tubuhnya. Setelah dua tahun beroperasi secara tidak manusiawi, publik mengetahui keberadaan Salt Pit.

Sidang Senat menemukan bahwa penjara ini sering dipimpin oleh petugas yang sama sekali tidak terlatih, yang menyebabkan budaya kebrutalan dan penyiksaan. Bahkan, CIA sendiri tidak mengetahui penyiksaan yang ada.

6. Bossembele

Bossembele adalah fasilitas penjara rahasia yang dibangun oleh pemerintah lama pada 2003. Penjara yang ada di Afrika Tengah ini digunakan sebagai penjara pribadi oleh Presiden Francois Bozize.

Presiden Bozize diketahui digulingkan satu dekade setelah satu tahun pengoperasian penjara rahasia. Selama ini, tentara Bozize memerintah tempat itu sesuka mereka, memberikan pukulan, penyiksaan, dan bahkan pembunuhan kepada siapa pun yang mereka anggap tidak layak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Ain Aouda, Maroko

Penjara rahasia ini ada di dekat kota Ain Aouda. Penjara rahasia ini dipercaya menjadi pusat penyiksaan dan penahanan yang dioperasikan oleh Direktorat Pengawasan Wilayah (Direction de la surveillance du territoire, DST), badan intelijen domestik Maroko yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu dan yang sedang berlangsung.

8. Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu, Rumania

Pangkalan udara Mihail Kogalniceanu adalah kawasan di Rumania. Rumania tidak terkecuali, Menurut petugas yang bertugas di pangkalan udara ini, fasilitas itu memiliki satu sudut terpencil yang sering tampak menunjukkan aktivitas mengejutkan pada pukul 1 pagi.

Keterlibatan Rumania dalam aktivitas penjara rahasia terungkap dalam sebuah laporan oleh Dick Marty, seorang agen untuk badan hak asasi manusia Uni Eropa, Dewan Eropa. Marty mengatakan bahwa para tahanan mengalami belenggu, terisolasi dan telanjang, sama sekali mengabaikan Konvensi Hak Asasi Manusia benua itu.

Ilustrasi penjara

(Foto: Getty Images)

9. Sistem kamp penjara rahasia, Korea Utara

Korea Utara diketahui juga memiliki kamp-kamp penjara rahasia. Hal itu dibeberkan oleh para tawanan yang kabur. Diketahui, ada 200.000 orang yang dipenjara di dalamnya, dan fasilitas seperti itu sangat umum sehingga mereka memiliki nama: Kwan-li-so.

Tersembunyi berada jauh di bagian pegunungan negara itu, kamp-kamp ini menampung tahanan yang bersalah atas kejahatan. Ujian diperlakukan sebagai tambahan opsional, dan hukuman bisa sangat panjang sehingga bersifat turun-temurun.

10. Papa II India

Pada 1990-an, militer India dan gerilyawan lokal bentrok di wilayah Kashmir. Penjara rahasia ini menjadi pusat interogasi di negara bagian Jammu dan Kashmir, India, yang dioperasikan oleh Pasukan Keamanan Perbatasan (BSF) dari awal pemberontakan Kashmir pada 1989 hingga ditutup pada 1996.

Penjara ini diketahui banyak memakan korban. Meskipun tentara BSF India menggunakan fasilitas itu untuk menginterogasi dan membunuh ribuan orang, tempat itu sejatinya hanya satu dari tujuh pusat penjara rahasia di wilayah tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini