Share

Lapisan Es Terbesar di Dunia Ancam Kenaikan Air Laut Jika Suhu Global Naik

Susi Susanti , Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 18 2646175 lapisan-es-terbesar-di-dunia-ancam-kenaikan-air-laut-jika-suhu-global-naik-VP7qzX3zVP.jpg Lapisan es terbesar di dunia ancam kenaikan air laut jika suhu global naik (Foto: AFP)
A A A

LONDON - Menurut sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan Rabu (10/8/2022), lapisan es terbesar di dunia dapat menyebabkan beberapa meter kenaikan permukaan laut selama berabad-abad jika suhu global naik lebih dari 2 derajat Celcius.

Para peneliti di Universitas Durham menyimpulkan bahwa jika emisi rumah kaca global tetap tinggi, Lapisan Es Antartika Timur (EAIS) yang mencair dapat menyebabkan hampir setengah meter kenaikan permukaan laut pada 2100. Analisis mereka ini dituangkan dalam jurnal ilmiah Nature.

Jika emisi tetap tinggi di luar itu, EAIS dapat berkontribusi sekitar satu hingga tiga meter ke permukaan laut global pada 2300, dan dua hingga lima meter pada 2500.

Namun, jika emisi dikurangi secara dramatis, EAIS dapat berkontribusi sekitar dua sentimeter kenaikan permukaan laut pada 2100.

Baca juga: Area Es Terakhir di Kutub Utara Terus Mencair Dampak Perubahan Iklim

Ini akan mewakili jauh lebih sedikit daripada hilangnya es yang diperkirakan dari Greenland dan Antartika Barat.

Baca juga:  Pemerintah Minta Negara Lain Cegah Kenaikan Suhu Global Tak Lebih dari 1,5 Derajat Celsius

"Kesimpulan kunci dari analisis kami adalah bahwa nasib Lapisan Es Antartika Timur masih berada di tangan kita," kata penulis utama Chris Stokes, dari Departemen Geografi Universitas Durham, dikutip CNA.

"Lapisan es ini sejauh ini adalah yang terbesar di planet ini, mengandung setara dengan 52 meter permukaan laut dan sangat penting bagi kita untuk tidak membangunkan raksasa yang sedang tidur ini,” lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Membatasi kenaikan suhu global hingga di bawah batas 2 derajat Celcius yang ditetapkan oleh Perjanjian Iklim Paris berarti bahwa kita menghindari skenario terburuk, atau bahkan mungkin menghentikan pencairan Lapisan Es Antartika Timur, dan karenanya membatasi dampaknya terhadap laut global. kenaikan level,” tambahnya.

Studi tersebut mencatat bahwa skenario terburuk yang diproyeksikan adalah "sangat tidak mungkin".

Tim peneliti, yang termasuk ilmuwan dari Inggris, Australia, Prancis, dan AS, menganalisis bagaimana lapisan es merespons periode hangat masa lalu ketika membuat prediksi.

Mereka menjalankan simulasi komputer untuk memodelkan efek dari tingkat emisi gas rumah kaca yang berbeda dan suhu pada lapisan es pada 2100, 2300 dan 2500.

Mereka menemukan bukti yang menunjukkan bahwa tiga juta tahun yang lalu, ketika suhu sekitar 2-4 derajat Celcius lebih tinggi dari sekarang, bagian dari EAIS runtuh dan berkontribusi beberapa meter terhadap kenaikan permukaan laut.

"Bahkan baru-baru ini 400.000 tahun yang lalu - belum lama ini pada skala waktu geologi - ada bukti bahwa bagian dari EAIS mundur 700 km ke daratan sebagai tanggapan hanya 1-2 derajat Celcius dari pemanasan global," tambah mereka.

Nerilie Abram, salah satu penulis studi dari Australian National University di Canberra, memperingatkan bahwa lapisan itu "tidak stabil dan terlindungi seperti yang kita pikirkan sebelumnya."

Seperti diketahui, para pemimpin dunia sepakat pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015 di Paris untuk membatasi pemanasan global di bawah 2 derajat Celcius dan mengejar upaya untuk membatasi kenaikan hingga 1,5 derajat Celcius.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini