Share

Di Usia Berapa Bayi Boleh Diajak Melakukan Perjalanan Jauh?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 22:38 WIB
$detail['images_title']
Bayi harus dijaga (Foto: Mommys wall)

SEMPAT heboh di media sosial, orangtua yang menyesal membawa bayinya menonton bola. Pasalnya, bayi tersebut meninggal setelah diajak bepergian dengan motor tersebut.

Meskipun postingannya sudah dihapus, tapi masalah bayi 6 bulan yang meninggal karena diajak perjalanan jauh naik motor oleh orangtuanya untuk menonton bola memicu berbagai pertanyaan di tengah masyarakat.

 bayi

Salah satunya usia berapa bayi bisa diajak melakukan perjalanan jauh?

Bayi secara umum diketahui, memiliki kondisi yang masih sangat lemah. Termasuk tulang dan sistem kekebalan tubuhnya perlu diperhatikan.

Menurut Kidshealth bahwa tidak ada aturan yang ditetapkan usai berapa bayi bisa keluar rumah atau diajak bepergian jauh. Namun beberapa dokter menyarankan agar orang tua menunggu sampai bayi beberapa bulan.

Kendati demikian, tidak secara sembarangan mengajak bayi keluar rumah. Di mana si bayi harus berpakaian sesuai cuacanya.

"Jika cuacanya bagus, Anda merasa bebas untuk membawa bayi keluar kapan pun. Mungkin akan menikmati jalan-jalan di luar dan menghirup udara segar, tapi pastikan bayi Anda berpakaian sesuai cuaca," keterangan dalam website Kidshealth.

Sementara menurut Anne Hansen, MD, MPH, Direktur Medis Unit Perawatan Intensif Neonatal di Rumah Sakit Anak Boston, ada hal lain perlu diperhatikan yaitu kulit bayi masih sangat sensitif. Sehingga tidak bisa dibawa keluar rumah tanpa lapisan atau pakaian yang berlapis.

Juga harus dihindari dari cahaya matahari secara langsung. "Kulit halus bayi baru lahir mudah terbakar, dan kerusakan kulit dini semacam itu dapat meningkatkan risiko kanker kulit seumur hidup mereka," kata Hansen dalam website WebMD.

BACA JUGA:Bayi Keracunan Obat Kedaluwarsa di Tangerang, Dinas Kesehatan Akui Ada Kekeliruan 

"Biarkan mereka sepenuhnya teduh dengan pakaian atau payung," imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)