Share

4 Manfaat Solo Traveling untuk Kesehatan Mental, Traveler TikTok Firly Afro: Mengenal Diri Sendiri

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 13:10 WIB
$detail['images_title']
solo traveling, (Foto: Freepik)

SOLO traveling atau melakukan perjalanan traveling hanya seorang diri, memang bukan hal asing bagi orang-orang yang hobi traveling.

Seiring berjalannya waktu , konsep ‘jalan-jalan sendirian’ ini pun semakin ngetren di kalangan generasi muda. Konsep ini pun juga semakin populer sebagai salah satu konsep konten di linimasa sosial media.

Salah satunya seperti yang ditampilkan oleh content creator TikTok, Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro) yang terkenal sebagai solo traveler dan sudah berkeliling berbagai pelosok Indonesia, mulai dari Sumatera, Bali, NTB, NTT, dan masih banyak lagi.

Solo traveling sendiri, selain punya manfaat dari segi teknis yang lebih mudah. Seperti diungkap Firly, ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan untuk mental.

Daripada penasaran, yuk intip ulasan singkat lima manfaat solo traveling untuk kesehatan mental, seperti diungkap Firly, kala ditemui dalam acara Jelajah #SerunyaIndonesia Perjalanan Jelajah ke 77 destinasi wisata di 17 wilayah di Indonesia, di Medan, Kamis (11/8/2022).

1. Mengenal diri sendiri: “Gue punya waktu untuk diri sendiri, ini penting karena dengan mengenal diri lu sendiri. Ini penting, jadi kita bisa tahu apa potensi dan kurangnua kita. Itu ngaruh banget ke depannya,” ujar Firly.

(Foto: Okezone/Pradita)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Lebih toleran: Solo traveling membuat seseorang bertemu dengan banyak orang. Sehingga bisa melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda. “high tolerance, solo traveling bikin gue kayak lihat masalah tuh dari jauh gitu, ngerti perspektif-perspektif orang, kalau ngerti perspektif orang lain dan enggak ada alasan untuk menghakimi orang lain,” imbuh Firly.

(Foto: Instagram @firlyafro)

3. Kontrol diri: Solo traveling, menjelajah suatu tempat hanya seorang diri menurut Firly melatih dirinya untuk mengerem ego pribadi.

4. Belajar jadi pendengar yang baik: Lewat solo traveling, Firly menyebut ia yang sangat speak up jadi bisa belajar untuk lebih mendengarkan orang lain dan menjadi pendengar yang baik.

1
2