Share
Advertisement

6 Cara Mengetahui Bandwidth yang Digunakan Beserta Istilah yang Perlu Diketahui

Cita Zenitha , Jurnalis-Kamis 11 Agustus 2022 16:03 WIB
6 cara mengetahui bandwidth yang digunakan beserta istilah yang perlu diketahui (Foto: PCMag)
6 cara mengetahui bandwidth yang digunakan beserta istilah yang perlu diketahui (Foto: PCMag)
A
A
A

JAKARTA - Ada enam cara mengetahui bandwidth yang digunakan untuk transfer data. Supaya tidak salah langkah, penting membaca tuntas artikel kali ini.

Bandwidth adalah besaran kapasitas transfer yang kabel ethernet gunakan dengan batas maksimal tertentu. Jika dianalogikan, bandwidth diibaratkan sebagai jalan raya dan data yang melewati bandwith diibaratkan sebagai kendaraan.

Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka jalan akan semakin lancar. Sebaliknya, jika kendaraan banyak yang melintasi jalan tersebut atau bandwidth maka jalan akan tersendat.

Bandwidth memiliki beberapa fungsi yang berhubungan erat dengan jaringan internet dan transfer data. Fungsi bandwidth antara lain sebagai ukuran media pengiriman data, untuk mengatur besaran data yang ditransfer dan membagi kecepatan transfer data.

Lantas bagaimana cara mengetahui bandwidth yang digunakan untuk transfer data? Dirangkum dari berbagi sumber, simak penjelasan berikut ini.

1. Cara termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan layanan fast.com. Menggunakan layanan tersebut kamu bisa cek kecepatan internet secara otomatis.

2. Bisa juga dengan mengunjungi laman https://www.bandwidthplace.com/. Laman tersebut memudahkan untuk cek kecepatan internet dengan sangat lengkap.

3. Bagi pengguna layanan internet tertentu bisa mengunjungi situs web resmi. Dari situs tersebut terdapat data tentang kecepatan internet, bandwidth, nomor pelanggan dan lainnya.

4. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi situs https://www.meter.net/ untuk mengetahui seberapa cepat jaringan internet dalam mengunggah maupun mengunduh.

5. Situs https://speedsmart.net/ bisa menjadi opsi selanjutnya untuk kamu yang ingin mengecek kecepatan internet dengan lengkap dan tepat.

6. Tidak mau kalah, Ookla sebagai perusahaan yang bergerak di bidang internet juga menyediakan laman https://speedsmart.net/ untuk menguji kapasitas broadband secara menyeluruh.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement