Share

Ilmuwan Temukan Bom Utuh Era Perang Dunia II, Dampak Kekeringan Ekstrem di Sungai Italia!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 624 2646089 ilmuwan-temukan-bom-utuh-era-perang-dunia-ii-dampak-kekeringan-ekstrem-di-sungai-italia-e4CTi1dhBm.jpg

JAKARTA - Ilmuwan temukan bom utuh era Perang Dunia II, dampak kekeringan ekstrem di sungai Italia! Beberapa waktu yang lalu, para ilmuwan menemukan bom di tepi sungai Po Italia.

Bom utuh buatan Amerika itu pertama kali ditemukan oleh para nelayan pada Senin (25/7/2022) tepatnya di dekat desa Borgo Virgilio, dekat kota Mantua. Bahkan diketahui telah tenggelam di sungai itu selama lebih dari 70 tahun.

enemuan di Sungai PO Italia mengejutkan banyak pihak. Bermula dari gelombang panas menyebabkan sungai tersebut mengalami kekeringan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam kondisi kering, sungai tersebut memperlihatkan sebuah bom Perang Dunia (PD) II yang sebelumnya terendam. Para pakar militer menjinakkan dan meledakkan bom seberat 450 kg itu pada Minggu 7 Agustus 2022. Bom itu sebelumnya ditemukan pada 25 Juli dekat Desa Borgo Virgilio, di dekat Kota Mantua.

"Bom itu ditemukan oleh nelayan di Sungai Po karena turunnya permukaan air akibat kekeringan,” kata Kolonel Marco Nasi

Melansir dari Live Science, dalam operasi tersebut tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan.

Sebagai informasi, Italia diketahui menyatakan keadaan darurat pada bulan lalu di wilayah di sekitar Po. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di negara yang terletak di jantung Laut Mediterania itu. Sungai yang juga sebagai sumber air bagi sepertiga produksi pertanian Italia itu, mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun terakhir.

Untuk meledakkan bom tersebut, pihak militer harus mengevakuasi sekira 3.000 orang yang tinggal di sekitar lokasi penemuan. Bahkan, wilayah udara ditutup, dan navigasi di sepanjang jalur air serta lalu lintas di jalur kereta api dan jalan raya utama juga ditutup.

Demikian informasi terkait ilmuwan temukan bom utuh dari era Perang Dunia II yang merupakan dampak kekeringan ekstrem di sungai Italia.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini