Share

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF, Coach Bima Sakti: Kuncinya Akhlak, Ibadah, Utamakan Akhirat Dulu

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 614 2647201 timnas-indonesia-u-16-juara-piala-aff-coach-bima-sakti-kuncinya-akhlak-ibadah-utamakan-akhirat-dulu-pFaIrFiwzb.jpg Coach Bima Sakti ungkap rahasia Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF. (Foto: Instagram @muslimunited.official)
A A A

COACH Bima Sakti mengungkap rahasia di balik kesuksesan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Ia mengatakan dirinya dan tim kepelatihan tidak hanya membentuk skuad yang jago bermain sepakbola, tapi juga ilmu dan akhlak.

"Tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepakbolanya saja, tapi paling tidak bahwasanya akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu. Sebab itu kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin, terutama disiplin masalah ibadah," ungkap Coach Bima Sakti ketika berbicara di atas mimbar Masjid Mujahidin UNY, seperti dikutip dari unggahan Instagram @muslimunited.official, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Viral Lantunan Surat Ar-Rahman di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16, Berbuah Kemenangan Telak 

Timnas Indonesia U-16.

Ia mengaskan ada sanksi tersendiri bagi Skuad Garuda Muda yang tidak menunaikan ibadah. Misalnya, tidak sholat akan didenda Rp100 ribu. Kemudian kalau masbuk sholat berjamaah kena denda Rp50 ribu.

"Kalau enggak ke masjid sama sekali Rp100 ribu. Jadi terkumpul berapa juta gitu kemudian kita, mohon maaf, kita sumbangkan ke panti asuhan," paparnya.

Baca juga: Masya Allah! Timnas Indonesia U-16 Selalu Sholat Berjamaah, Rahasia di Balik Penampilan Gemilang 

Coach Bima Sakti bahwa dirinya dan tim kepelatihan selalu menekankan menjalankan ibadah bersama-sama, mengutamakan akhirat dulu. Kemudian setelah meraih kemenangan ini tidak boleh merayakan secara berlebihan.

"Saya sampaikan ke mereka, enggak perlu berlebihan euforianya, kita syukuri iya, dan kita tetap rendah hati, dan kita tetap tidak lupa diri. Karena kalau kita sombong, kita hancur," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Coach Bima Sakti mengungkapkan bahwa keberhasilan Timnas Indonesia U-16 bukan tim pelatih sebenarnya yang berperan penting. Namun, pihak yang paling utama adalah orangtua.

"Jadi mereka bisa hebat begini, orangtua yang paling berperan penting. Taktik yang jitu itu orangtua mereka itu lho, hadir di tengah-tengah mereka saat meeting, saat pertandingan. Makanya mereka bisa luar biasa," bebernya.

Baca juga: Berkat Dzikir, Kiper Timnas Indonesia U-16 Gemilang di Adu Penalti Lawan Myanmar 

Baca juga: Pakai Secarik Surat, Abu Nawas Bikin Imam Syafii Nangis Sejadi-jadinya 

Kemudian terdapat fakta luar biasa lainnya dari Skuad Garuda Muda. Diungkapkan Coach Bima Sakti, ternyata anak-anak Timnas Indonesia U-16 juga rajin menyetor hafalan surat-surat Alquran.

"Kita lakukan setor surat. Kemarin ada yang juara, mana Figo? Figo juara, Tegar, Iqbal kemarin 22 surat. Yang juara kita kasih jersey," paparnya.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih sekali kepada semua pemain, ofisial, orantua, karena berkat kerja keras semuanya kemenangan di Piala AFF U-16 2022 bisa diraih.

Baca juga: Bacaan Surat An-Nas di Alquran Digital Okezone Lengkap Tafsirnya: Melindungi dari Godaan Setan 

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Ar-Ra'd Ayat 28, Mari Dipahami agar Lebih Tepat Membacanya 

Sebagaimana diketahui bahwa pada pertandingan final Jumat 12 Agustus 2022 malam di Stadion Maguwoharjo Yogyakarta, Timnas Indonesia U-16 berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Piala AFF U-16 2022 pun berhasil diraih.

Selamat dan semoga keberkahan Allah Subhanahu wa ta'ala selalu menyertai. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini