Share

7 Nilai Islam di Timnas Indonesia U-16 sang Juara Piala AFF, Utamakan Akhlak hingga Rajin Hafalan Alquran

Hantoro, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 614 2647904 7-nilai-islam-di-timnas-indonesia-u-16-sang-juara-piala-aff-utamakan-akhlak-hingga-rajin-hafalan-alquran-HjwEB9nXUd.jpg Ilustrasi nilai-nilai Islam di Timnas Indonesia U-16 sang juara Piala AFF. (Foto: Instagram @pssi)
A A A

TIMNAS Indonesia U-16 baru saja membuat bangga bangsa setelah berhasil mengangkat Piala AFF 2022. Tapi ternyata ada sisi menarik lainnya di balik Skuad Garuda Muda, salah satunya nilai-nilai Islam yang diterapkan.

Apa saja nilai-nilai Islam di Timnas Indonesia U-16 yang sangat menginspirasi tersebut? Berikut ini beberapa di antara, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF, Coach Bima Sakti: Kuncinya Akhlak, Ibadah, Utamakan Akhirat Dulu 

1. Utamakan akhlak

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan dirinya dan tim kepelatihan tidak hanya membentuk skuad yang jago bermain sepakbola, tapi juga berilmu dan memiliki akhlak mulia.

"Tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepakbolanya saja, tapi paling tidak bahwasanya akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu. Sebab itu kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin, terutama disiplin masalah ibadah," ungkap Coach Bima Sakti saat berbicara di atas mimbar Masjid Mujahidin UNY usai Sholat Subuh berjamaah, dikutip dari unggahan Instagram @muslimunited.official, Senin (15/8/2022).

Coach Bima Sakti ungkap rahasia Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF. (Foto: Instagram @muslimunited.official)

2. Sanksi jika tidak sholat

Coach Bima Sakti menegaskan ada sanksi tersendiri bagi penggawa Timnas Indonesia U-16 yang tidak menunaikan ibadah, terutama sholat. Misalnya, tidak sholat akan didenda Rp100 ribu. Kemudian kalau masbuk atau terlambat sholat berjamaah kena denda Rp50 ribu.

"Kalau enggak ke masjid sama sekali Rp100 ribu. Jadi terkumpul berapa juta gitu kemudian kita, mohon maaf, kita sumbangkan ke panti asuhan," beber Coach Bima Sakti.

Baca juga: Masya Allah! Penggawa Timnas Indonesia U-16 Rajin Setor Hafalan Surat Alquran, Coach Bima Sakti: Yang Juara Dikasih Jersey 

3. Menekankan sholat berjamaah

Coach Bima Sakti mengungkapkan bahwa dirinya dan tim kepelatihan selalu menekankan menjalankan ibadah bersama-sama, misalnya sholat berjamaah di masjid, mengutamakan akhirat dulu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Selalu bersyukur dan rendah hati

Setelah menjadi juara Piala AFF U-16 2022, Skuad Garuda Muda diimbau tidak boleh merayakan secara berlebihan. Cukup bersyukur atas kemenangan yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Saya sampaikan ke mereka, enggak perlu berlebihan euforianya, kita syukuri iya, dan kita tetap rendah hati, dan kita tetap tidak lupa diri. Karena kalau kita sombong, kita hancur," ujar Coach Bima Sakti.

Baca juga: Tak Cuma Jago, Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge Juga Penghafal Alquran, Barakallah!  

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF 2022. (Foto: Instagram @pssi)

5. Berbakti kepada orangtua

Coach Bima Sakti mengungkapkan keberhasilan Timnas Indonesia U-16 bukan tim kepelatihan sebenarnya yang berperan penting. Namun, pihak yang paling utama adalah orangtua.

"Jadi mereka bisa hebat begini, orangtua yang paling berperan penting. Taktik yang jitu itu orangtua mereka itu lho, hadir di tengah-tengah mereka saat meeting, saat pertandingan. Makanya mereka bisa luar biasa," paparnya.

6. Rajin setor hafalan Alquran

Diungkapkan Coach Bima Sakti, ternyata anak-anak Timnas Indonesia U-16 juga rajin menyetor hafalan surat-surat Alquran.

"Kita lakukan setor surat. Kemarin ada yang juara, mana Figo? Figo juara, Tegar, Iqbal kemarin 22 surat. Yang juara kita kasih jersey," bebernya.

Timnas Indonesia U-16. (Foto: PSSI)

7 . Tidak lupa terima kasih

Coach Bima Sakti dan jajaran tidak lupa menyampaikan terima kasih sekali kepada semua pemain, ofisial, hingga keluarga dan orangtua karena berkat kerja keras semuanya bisa menjadi juara di Piala AFF U-16 2022.

Sebagaimana diketahui bahwa pada pertandingan final Jumat 12 Agustus 2022 malam di Stadion Maguwoharjo Yogyakarta, Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Selamat untuk Timnas Indonesia U-16 atas raihan juara Piala AFF ini dan semoga selalu mendapat keberkahan Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini