Share

HUT Ke-77 RI, Ini 5 Ulama Pejuang Kemerdekaan Indonesia, Pantang Takut Mengusir Penjajah

Hantoro, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 614 2648552 hut-ke-77-ri-ini-5-ulama-pejuang-kemerdekaan-indonesia-pantang-takut-mengusir-penjajah-JR6H5fTshf.jpg Ilustrasi ulama pejuang kemerdekaan Indonesia mengusir penjajah. (Foto: Istimewa/Okezone)
A A A

HUT ke-77 RI akan diperingati bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2022. Segala hal direfleksikan untuk mengenang perjuangan merebut kembali kemerdekaan dari para penjajah. Salah satunya terdapat fakta menarik adanya para ulama pejuang kemerdekaan Indonesia.

Peran ulama-ulama pejuang kemerdekaan itu sangat besar. Bukan hanya mengangkat moriil berperang melawan penjajah, mereka juga turut mengatur strategi dan terlibat langsung dalam peperangan.

Para ulama pejuang kemerdekaan tersebut rela mengorbankan jiwa, raga, dan harta untuk menegakkan bendera Indonesia. Langsung saja, berikut ulama-ulama pejuang kemerdekaan Indonesia, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Kisah KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, Keturunan Wali Songo Sekaligus Ulama Pahlawan Nasional 

1. Kiai Hasnawi Karim

Haji Hasnawi Karim BA adalah seorang akademisi dan pejuang Indonesia. Ia lahir di Batipuh Baruah, Tanah Datar, Sumatera Barat, pada 24 Desember 1924, dari pasangan keluarga Abdul Karim Datuk Rangkayo Marajo dengan Hajjah Nurqamar Amin. Berbagai profesi dan pekerjaan pernah digeluti olehnya.

Dimulai dari guru, pejuang, perwira, hingga pemimpin dan menjadi seorang ulama. Bahkan juga menjadi pemain dalam kancah politik. Hasnawi menjadi Imam Tentara Dinas Agama Tentara Staf A Territorium Sumatera Tengah, daerah Tanah Datar, untuk membina ketaatan beragama, menanamkan iman dan ketakwaan serta budi pekerti luhur para prajurit.

Hasnawi pernah menjadi kepala pendidikan dan latihan Pemuda Republik Indonesia (PRI) Batipuh X Koto Padang Panjang. Ia ikut berjuang dalam memperoleh kemerdekaan dan mengumpulkan bahan makanan dalam pembentukan BKR, TKR Batalyon Merapi yang dirampas dari gudang perbekalan Jepang di Batipuh.

Dalam Agresi Belanda II, Hasnawi pergi ke Tarutung untuk mencari persenjataan. Belum sampai ke tempat tujuan, ia diminta menyerahkan mobilnya kepada petugas di sana, karena untuk menyusun perjuangan yang sangat disegerakan. Akhirnya Hasnawi harus berjalan kaki untuk kembali ke Padang Panjang dengan menempuh perjalanan 18 hari siang malam.

"Telapak sepatu ABRI yang saya pakai dalam perjalanan 18 hari itu habis," ucap Hasnawi mengisahkan penderitaannya dalam perjuangan.

Baca juga: Makam Ulama Asal Yaman Ini Panjangnya 9 Meter, Semasa Hidup Aktif Sebarkan Agama Islam 

2. Kiai Syam'un

Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) KH Syam'un adalah seorang tokoh pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Banten sekaligus pendiri Perguruan Islam Al-Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon.

Ia lahir di Beji, Bojonegara, Serang, Banten, pada 5 April 1894. Pada umur 11 Tahun, KH Syam'un berguru di Masjidil Haram tempat ahli-ahli keislaman terbaik di dunia berkumpul untuk membagi ilmu.

KH Syam'un pernah bergabung dengan Pembela Tanah Air (PETA), sebuah gerakan pemuda bentukan Jepang. Dalam PETA, jabatannya sebagai Dai Dan Tyo yang membawahi seluruh Dai Dan I PETA wilayah Serang. Ia juga sering mengajak anak buahnya untuk memberontak dan mengambil alih kekuasaan Jepang.

Karier KH Syam'un di ketentaraan terbilang gemilang hingga diangkat menjadi Bupati Serang periode 1945–1949. Pada awal kemerdekaan, KH Syam'un berhasil meredam gejolak sosial di Banten, peristiwa itu terkenal dengan peristiwa Dewan Rakyat pimpinan ce Mamat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Kiai Masykur

KH Masykur adalah Menteri Agama pada tahun 1947–1949 dan 1953–1955. Ia lahir di Malang, Jawa Timur, pada 30 Desember 1904. Masa mudanya banyak ia habiskan untuk merantau dari pesantren ke pesantren. Pengembaraannya dimulai dari Pesantren Bungkuk di Singosari, berlanjut ke Pondok Sono, Siwalanpanji, Tebuireng, hingga berguru kepada Syaikhona Cholil Bangkalan.

Di masa-masa perjuangan revolusi pembebasan atas penjajahan, Kiai Masjkur aktif turut berjuang sebagai seorang pejuang dan ia juga tercatat selaku pendiri Pembela Tanah Air (PETA). Ketika pertempuran 10 November 1945, namanya muncul sebagai Ketua Markas Tertinggi Sabilillah (1945-1947) diamanahkan kepada dirinya dan di masa Mr Amir Syarifuddin ia ditunjuk secara resmi untuk menjadi anggota Badan Pembela Pertahanan Negara.

4. Kiai Tubagus Ahmad Chatib al-Bantani

KH Tubagus Ahmad Chatib adalah seorang ulama, pejuang, dan perintis kemerdekaan Republik Indonesia dari Banten. Ia lahir di Pandeglang, Banten, pada tahun 1855. Pada tanggal 19 September 1945, Ir Soekarno selaku Presiden Republik Indonesia mengangkat Ahmad Chatib menjadi Residen Banten yang menangani administrasi dan pemerintahan sipil, serta menangani segala unsur militer.

Pada masanya ini, ia juga pernah menduduki jabatan penting di pemerintahan Indonesia seperti Dewan Pertimbangan Agung, Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPRGR), bahkan pernah menduduki kursi MPRS dan BPPK.

Selain aktif dalam menggerakan roda pemerintahan, dalam usahanya ia juga memajukan agama dan umat. Ahmad Chatib merupakan pencetus berdirinya Majelis Ulama, Perusahaan Alim Ulama (PAU), serta mendirikan perguruan tinggi seperti Universitas Islam Maulana Yusuf yang di kemudian hari berganti nama menjadi IAIN Sunan Gunung Jati, Banten.

5. Kiai Iskandar Sulaiman

Iskandar Sulaiman terlahir dari keturunan bangsawan yang kaya raya, dan ia dikenal sebagai seorang yang sangat dermawan, sama sekali tidak menampakkan kesombongan. Selepas perjalanannya dalam menuntut ilmu di Pesantren Tebuireng.

Dengan kekayaannya itu digunakan untuk memakmurkan masyarakat di sekitarnya sekaligus memperkenalkan NU kepada masyarakat. Ia juga turut mendirikan beberapa unit pendidikan seperti madrasah dan kegiatan penunjang lainnya.

Karier Iskandar Sulaiman tidak hanya berhenti sebagai seorang pengajar saja, di masa menjelang dan setelah masa kemerdekaan ia aktif di dunia kemiliteran. Semangat nasionalisme selalu terpancar dari sosoknya. Perjuangan itu terus dia lakukan sampai pangkat terakhir yang pernah diraih sebagai seorang kolonel.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini