Share

Kenapa Pesawat Memiliki Jendela? Ini Alasan Sebenarnya

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 406 2650489 kenapa-pesawat-memiliki-jendela-ini-alasan-sebenarnya-R1SyHW6gd5.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

PERNAHKAH kamu sadari alasan di balik pesawat memiliki jendela meski tidak bisa dibuka?

Melansir The Sun, seorang insinyur perangkat lunak, Shaunak Bhattacharjeee memaparkand di Quora, pesawat sebenarnya dirancang untuk mengutamakan keselamatan tanpa mengabaikan kemewahan atau kenyamanan penumpang.

“Tujuan utama memiliki jendela di dalam pesawat tak lain untuk membuat penumpang merasa tidak sesak. Dibutuhkan teknologi dan uang untuk membangunnya," terangnya.

infografis

Lebih lanjut, Mantan kapten penerbangan AS, John Cox memaparkan, hal itu pula menjadikan alasan ukuran jendela pesawat tidak lebih besar.

Cox menilai, struktur di sekitar jendela lebih berat.

"Jika Anda melihat pesawat yang dirancang sebagai kapal barang, mereka tidak memiliki jendela," tutur Cox.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, pilot lain mengaku setuju dengan pendapat Cox dan mengatakan alasan itu yang menyebabkan pesawat kargo jarang memiliki jendela.

Jendela ada di pesawat untuk alasan psikologis semata.

"Jika bukan untuk membantu penumpang merasa tidak terlalu cemas (atau demi lebih menikmati penerbangan), tidak akan ada alasan untuk menambah berat dengan mengadakan jendela atau membuat lubang di tabung logam yang cukup kaku," tulis seorang pilot di Quora.

Di sisi lain, terdapat alasan di balik jendela pesawat berbentuk bulat.

Hal ini lantaran pesawat awalnya memiliki jendela persegi, tetapi kemudian diubah setelah dua kecelakaan yang menghancurkan.

Sudut tajam jendela menempatkan logam di sekitarnya di bawah tekanan ekstra di ketinggian, sebanyak dua atau tiga kali lebih banyak daripada tempat lain di pesawat.

Kurangnya sudut tajam memungkinkan tekanan mengalir lebih merata di sekitar tepi jendela. Itulah sebabnya semua bidang sekarang memiliki panel melengkung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini