Share

10 Daerah Terdingin di Indonesia, Suhu Bisa Capai 9 Derajat Celsius Loh!

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 408 2650493 10-daerah-terdingin-di-indonesia-suhu-bisa-capai-9-derajat-celcius-loh-dnuqhAl1gS.jpg Kota Mulia, Papua jadi daerah terdingin di Indonesia (dok ANTARA)

INDONESIA merupakan negara beriklim tropis. Meski demikian, terdapat beberapa daerah terdingin di Indonesia loh.

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai suhu udara yang dingin karena berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun MNC Portal Indonesia, berikut 10 daerah terdingin di Indonesia:

10. Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang memiliki suhu dingin. Pasalnya, daerah ini dikelilingi oleh wilayah pegunungan seperti Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat. Kota ini terletak di ketinggian hingga 950 mdpl. Suhu rata-rata di siang harinya berkisar antara 23-26 derajat celsius.

9. Baturaden, Jawa Tengah

Baturaden merupakan daerah yang terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 mdpl. Baturaden menjadi daerah wisata karena pemandangan alam yang indah dan memiliki suhu sejuk. Suhu rata-ratanya berkisar antara 20 - 28 derajat celsius.

8. Ciwidey, Bandung

Kawasan Ciwidey terletak di Bandung, Jawa Barat. Wilayah ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan terkenal dengan suhu yang dingin. Ciwidey memiliki tempat wisata Kawah Putihnya. Baik di pagi, siang, maupun malam hari, suhu udara di Ciwidey tetap dingin dan pernah mencapai 13 derajat celsius. 

infografis

7. Gayo Lues, Aceh

Kabupaten Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Menjadi wilayah jalur pendakian Gunung Leuser, Gayo tak hanya terkenal dengan kopinya saja. Suhu di daerah ini juga terbilang dingin karena rata-rata di hari normal saja berada di 24 derajat celsius.

6. Batu, Jawa Timur

Kota Batu Jawa Timur menjadi tempat yang cukup populer di Indonesia. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl, Kota Batu memiliki suhu udara harian yang sejuk. Tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata sejak zaman Hindia Belanda.

Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat celsius. Oleh orang-orang Belanda jaman dulu, Kota Batu dijuluki sebagai de Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Ruteng, NTT

Ruteng merupakan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sering disebut sebagai Praha dari Indonesia. Kota yang memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl.

Suhu rata-rata harian di kota ini berkisar sekitar 25 derajat celsius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat celsius.

4. Berastagi

Berastagi adalah daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Kota ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Suhu udara rata-rata di sini sering berada di bawah 20 derajat celsius.

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Beralih ke Sulawesi Barat, terdapat kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celsius.

2. Mamasa, Sulawesi Barat

Beralih ke Sulawesi Barat, terdapat kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celsius.

1. Mulia, Papua

Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua, memiliki suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celsius. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini