Share

Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Besar Soedirman di Gunungkidul

Erfan Erlin, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 549 2650476 napak-tilas-rute-gerilya-jenderal-besar-soedirman-di-gunungkidul-Dvls3pfxa7.jpg Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman (Dok Istimewa)

MERAYAKAN HUT Ke-77 Indonesia, masyarakat Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menggelar jalan sehat menyusuri rute gerilya Jenderal Besar TNI (anumerta) Raden Soedirman di wilayah ini pada Kamis 18 Agustus 2022 lalu. 

Dalam aksi napak tilas ini, juga menggunakan Tandu “Jenderal Sudirman” dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer dari lapangan Cingkrang Hillss menuju Klumpit.

Ribuan warga diberangkatkan oleh Kapolsek Tepus di Kalurahan Tepus dengan melepas peserta pembawa tandu yang merupakan simbolisasi Tandu Sudirman.

infografis

Kolaborasi apik tercipta antara TNI dan Polri, sebab Danramil Tepus, Kapten Infanteri Suwardi yang berperan sebagai Jenderal Soedirman ditandu oleh anggota Polsek Tepus yang dipimpin Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto didampingi Panewu Tepus Alsito. Danramil hanya berjalan ketika melalui medan sulit.

“Napak Tilas ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan menyusuri rute Perang Gerilya Jenderal Soedirman,” ujar Ketua Panitia, Heri Kaur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman ini merupakan hajatan yang baru pertama digelar. Kegiatan semacam ini penting untuk memupuk semangat nasionalisme dan kepahlawanan.

"Kita harus menauladani semangat perjuangan para pendahulu kita," tambahnya.

Meski tidak singgah di Kalurahan Tepus, namun Jenderal Soedirman pernah menyusuri kawasan Kalurahan Tepus. Saat ini rute yang dilalui Jenderal Soedirman banyak berubah menjadi jalan perkampungan.

“Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan wisata yang ada di Kalurahan Tepus,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini