Share

Bikin Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Harus Dihindari saat Sarapan

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Sabtu 20 Agustus 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 298 2651230 bikin-lelah-di-siang-hari-5-makanan-ini-harus-dihindari-saat-sarapan-09pGCfvrdt.jpg Hindari gorengan untuk sarapan (Foto: Inst)
A A A

SARAPAN merupakan salah satu yang penting bagi kebanyakan orang. Pasalnya, sarapan bisa menjadi sumber energi bagi mereka yang mulai beraktifitas di pagi hari.

Namun, memilih sarapan juga tidak boleh sembarangan. Alih-alih menambah energi, salah memilih sarapan justru memicu tubuh menjadi lelah di siang hari.

Lantas, apa saja makanan yang patut dihindari saat sarapan agar justru tidak memicu lelah di siang hari?

 nasi

1. Nasi

Nasi menjadi makanan yang paling banyak dijadikan sebagai menu sarapan oleh orang Indonesia. Contohnya mulai dari nasi putih, nasi goreng, hingga nasi uduk.

Banyak yang beranggapan bahwa sarapan nasi bisa memberikan efek kenyang dan memberikan energi lebih dibanding menu sarapan lainnya.

Padahal, meskipun kandungan karbohidrat di dalam nasi putih memang dibutuhkan tubuh, namun zat gizi tersebut tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Jenis karbohidrat yang ada di dalam nasi putih adalah karbohidrat simpleks. Saat masuk dalam tubuh, karbohidrat simpleks akan dicerna dan diubah menjadi pasokan energi. Tumpukan energi ini cepat meroket namun cepat juga merosot. Tak heran bila beberapa jam setelah makan nasi dengan porsi banyak, seseorang akan merasa lelah dan mudah mengantuk.

2. Kue manis

Berbagai macam jenis kue manis yang dibuat secara rumahan atau pabrikan kebanyakan tidak memiliki kandungan gizi yang baik dan justru tinggi gula.

Nah, kandungan gula yang tinggi di dalam kue-kue tersebut tidak hanya menimbulkan rasa lapar yang lebih cepat, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan Anda di masa depan.

3. Jus buah

Mengonsumsi jus buah sebagai salah satu menu dalam sarapan memang kerap dianggap sebagai pilihan yang sehat.

Namun, faktanya, beberapa jus buah yang beredar di pasaran hanya tinggi kandungan pemanis fruktosa, dan justru mengandung sedikit kandungan buah.

Kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko menderita penyakit metabolik, seperti obesitas atau diabetes. Bahkan, 100 persen jus buah pun masih mengandung banyak gula.

Berbeda saat kita mengonsumsi buah langsung yang masih kaya akan serat. Dalam kandungan jus buah, sudah tidak mengandung serat sehingga kandungan gulanya dapat diserap cepat oleh tubuh.

Hasilnya, sarapan jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah. Alih-alih menjadi sehat, justru Anda akan merasa cepat lelah dan lapar.

4. Gorengan

Gorengan juga menjadi salah satu makanan yang mudah ditemui saat sarapan di pagi hari. Baik yang dibuat sendiri, maupun yang dijual di sekitar rumah dan kantor.

Selain hanya memberikan efek kenyang yang sesaat, mengonsumsi gorengan terlalu sering juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng biasanya mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan makanan yang diolah dengan cara lain seperti merebus atau memanggang.

Nah, kadar kalori berlebih ini kemudian akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Lambat laun lemak ini pun akan menumpuk dan terlihat akibatnya pada perubahan bentuk perut yang menjadi buncit, cepat lelah dan pergerakan menjadi lambat.

 BACA JUGA:4 Makanan Mengandung Tinggi Serat, Cocok untuk Diet!

5. Mie Instan

Orang kerap menjadikan mie instan sebagai menu sarapan karena terkenal praktis. Namun, makan mie instan bukanlah pilihan menu sarapan yang baik.

Pasalnya, mie instan tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda. Sebaliknya, mengonsumsi mie instan justru memberikan nutrisi yang kurang baik buruk bagi tubuh.

Mie instan kaya akan kandungan karbohidrat dan garam yang tidak hanya memberikan efek lapar dan lelah, namun juga buruk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit gula dan hipertensi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini