Share

Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia Ditemukan, Apa Gejalanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 17:25 WIB
$detail['images_title']
Kasus pertama cacar monyet ditemukan (Foto: Arizona daily star)

KEMENTERIAN Kesehatan mengonfirmasi kasus pertama monkeypox di Indonesia. Siapa pasien monkeypox pertama di Indonesia?

Konfirmasi kasus cacar monyet pertama ini didasari pada tes PCR pasien yang menunjukkan hasil positif monkeypox. Pasien kini dalam pemantauan tim medis, karena dia menjalani perawatan di rumah alias isolasi mandiri.

 Cacar Monyet

Dijelaskan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril bahwa pasien monkeypox pertama di Indonesia ini adalah pria berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri. Kasus ditemukan di DKI Jakarta.

"Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun," kata Syahril saat konferensi pers virtual, Sabtu (20/8/2022).

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pasien saat ini dalam perawatan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit. Hal ini karena gejala yang dialami pasien ringan.

"Pasien bergejala ringan, sehingga dia tidak diisolasi di rumah sakit. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," tambah Syahril.

 BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia Ditemukan?

Ditemukannya kasus monkeypox pertama di Indonesia ini harus diperhatikan bersama oleh semua pihak. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, selagi tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pemerintah pun memastikan pencegahan penyebaran virus akan diperketat, khususnya di pintu masuk ke Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)