Share

Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap Artinya, Miliki Pahala Luar Biasa Besar

Hantoro, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 618 2652545 bacaan-doa-setelah-adzan-lengkap-artinya-miliki-pahala-luar-biasa-besar-eSEsmR6FU2.jpg Ilustrasi bacaan doa setelah adzan lengkap artinya. (Foto: Shutterstock)
A A A

BACAAN doa setelah adzan lengkap artinya sangat penting diketahui. Pasalnya, lantunan adzan panggilan sholat lima waktu selalu didengar kaum Muslimin setiap harinya. Dengan membaca doa setelah adzan bakal mendatangkan banyak faedah.

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan bahwa setelah kumandang adzan maka kaum Muslimin yang mendengarnya bisa membaca salawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yakni "Allahumma sholli ‘ala Muhammad" atau membaca salawat Ibrahimiyyah seperti yang dibaca ketika tasyahud.

Setelah membaca salawat, kemudian minta kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam wasilah dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Jabir bin ‘Abdillah:

Baca juga: Meski Cacat Fisik, Mualaf Ini Tidak Pernah Absen Ibadah dan Lantunkan Adzan di Mushola, Masya Allah! 

Baca juga: Hatinya Bergetar Dengar Adzan, Pilot Cantik Ini Mantap Ucap Syahadat Resmi Jadi Mualaf 

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

Allahumma Rabba Haadzihid Da’Watit Tammah Washshalaatil Qaa’Imah. Aati Muhammadanil Wasiilata Walfadliilah Wab’Atshu Maqaamam Mahmuudanil Ladzii Wa’Adtah.

"Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik sholat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan."

Kemudian membaca: "Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa", sebagaimana disebutkan dalam hadis Sa’ad bin Abi Waqqash.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada juga amalan sesudah mendengarkan adzan jika diamalkan akan mendapatkan ampunan dari dosa. Dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولاً وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا. غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

"Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni." (HR Muslim nomor 386)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwa seseorang pernah berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya muadzin selalu mengungguli kami dalam pahala amalan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

قُلْ كَمَا يَقُولُونَ فَإِذَا انْتَهَيْتَ فَسَلْ تُعْطَهْ

"Ucapkanlah sebagaimana disebutkan oleh muadzin. Lalu jika sudah selesai kumandang adzan, berdoalah, maka akan diijabahi (dikabulkan)." (HR Abu Dawud nomor 524 dan Ahmad 2: 172. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan hadis ini hasan). Artinya, doa sesudah adzan termasuk di antara doa yang diijabahi.

Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini