Share

Doa agar Ganteng seperti Nabi Yusuf, Yuk Banyak-Banyak Diamalkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 618 2652691 doa-agar-ganteng-seperti-nabi-yusuf-yuk-banyak-banyak-diamalkan-mgOOwlGlNb.jpg Ilustrasi membaca doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA agar ganteng seperti Nabi Yusuf Alaihissallam sangat menarik diketahui setiap Muslim. Bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masa kini. Pastinya juga tersimpan keutamaan luar biasa besar di baliknya.

Contohnya doa-doa Nabi Yusuf Alaihissallam berikut ini. Beliau merupakan nabi ke-11 dari 25 nabi lainnya yang tertulis di dalam kitab suci Alquran. Nabi Yusuf merupakan sosok yang sangat tampan dan berakhlak mulia.

Berkat segala kelebihan tersebut, Nabi Yusuf Alaihissallam dikagumi serta disayangi oleh banyak orang. Bahkan, ayahnya sendiri yakni Nabi Yaqub Alaihissallam sangat menyayanginya.

Langsung saja, berikut ini doa-doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf Alaihissallam. Bisa dipraktikkan kaum Muslimin, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Baca Doa Ini agar Terhindar dari Wabah Penyakit 

1. Doa becermin

Berikut ini adalah bacaan doa Nabi Yusuf Alaihissallam yang baik dibaca ketika becermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berdasarkan riwayat dari Ibnu Mas'ud:

حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ .وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ.

"Dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku'." (Diriwayatkan Imam Ahmad dan disahihkan Ibnu Hibban)

Bisa juga membaca potongan kalimat dalam hadis tersebut, sekaligus doa agar memperbaiki akhlak diri sendiri.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma Kamaa Hassanta Kholqii Fa Khassin Khuluqi.

"Wahai Tuhanku, sebagaimana telah Kaubaguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku." (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al 'Aidrus, Jakarta)

Para ulama mengatakan bahwa doa ini baik kita amalkan ketika sedang bercermin agar kita memilki aura wajah yang menawan dan dicintai semua orang.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap Artinya, Miliki Pahala Luar Biasa Besar 

2. Doa menjauhkan diri dari hawa nafsu

Selanjutnya doa ini dikutip dari Alquran yang terdapat pada Surat Yusuf Ayat 33:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Robbissijnu Akhabbul ilayya Mimma Yad’unaniy ilaihi. Wailla Tashrif ‘Anni Kaydahunna Ashbu ilaihinna Aa Akuminal Jahilin.

"Yusuf berkata: 'Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh'."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Doa dicintai banyak orang

Doa yang dibaca oleh Nabi Yusuf Alaihissallam agar dicintai banyak orang yakni sebagai berikut:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

"Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku."

4. Bacaan Surat Ayatul Mahabah

قُلۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ تُحِبُّوۡنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوۡنِىۡ يُحۡبِبۡكُمُ اللّٰهُ وَيَغۡفِرۡ لَـكُمۡ ذُنُوۡبَكُمۡؕ وَاللّٰهُ غَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ

Qul in kuntum tuhibboonal laaha fattabi' oonee yuhbibkumul laahu wa yaghfir lakum zunoobakum; wallaahu Ghafoorur Raheem.

"Katakanlah (Muhammad), 'Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.' Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS Ali Imran: 31)

5. Doa agar anak disukai banyak orang

Doa yang dimaksud adalah:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yun, waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa.

"Dan orang orang yang berkata: 'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa'." (QS Al Furqan (25): 74)

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini