Share

Masya Allah, Inilah Tempat Nabi Muhammad Mengikat Buraq Sebelum Isra Miraj

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 615 2654148 masya-allah-inilah-tempat-nabi-muhammad-mengikat-buraq-sebelum-isra-miraj-a4zap6VEzJ.jpg Pilar-pilar di Masjidil Haram tempat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengikat tunggangannya buraq sebelum Isra Miraj. (Foto: YouTube Alman Mulyana)
A A A

UMAT Islam mengenal Isra Miraj sebagai peristiwa luar biasa yang pernah dialami Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Rasulullah diberi kesempatan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha.

Sebelum itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lebih dulu melakukan perjalanan dari Kakbah di Masjidil Haram, Kota Makkah, ke Majid Al Aqsa di Palestina dengan menaiki buraq. Rasulullah dipercaya sempat mengingat buraqnya terlebih dahulu di kawasan sekitar Kakbah, Masjidil Haram.

Baca juga: Mengetahui Buraq, Hewan Pengantar Nabi Melakukan Isra Miraj, Satu Langkahnya Sejauh Pandangan 

Pilar-pilar di Masjidil Haram tempat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengikat tunggangannya buraq sebelum Isra Miraj. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Pilar di Masjidil Haram tempat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengikat buraq hingga kini masih diabadikan. Bisa disaksikan jamaah haji maupun umrah.

"Untuk para jamaah haji dan umrah yang mau melihat secara langsung pilar yang mana dulu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengikat buraq, itu ada di pinggir pintu umrah, umrah gate ya," ujar YouTuber Alman Mulyana, dikutip dari channel-nya, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Terungkap Dialog Nabi Muhammad dan Musa saat Isra Miraj, Ustadz Hanan Attaki: Rahasia Umat Manusia 

Alman kemudian memperlihatkan pilar yang dimaksud. Bukan hanya satu, ternyata ada dua pilar yang dipercaya pernah dijadikan tempat mengingat buraq Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam saat itu.

Sepintas dua pilar itu terlihat seperti tiang bangunan pada umumnya. Namun pihak pengelola tampaknya memberikan sesuatu sebagai pembeda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di salah satu pilar berwarna coklat kemerahan terlihat ada sebuah cincin perak besar melingkari tubuh pilar itu.

Tidak jauh dari sana ada sebuah pilar lagi berwarna coklat keabuan. Sama seperti yang pertama, pilar satu ini juga dilingkari cincin besar berwarna perak.

Baca juga: Ketika Nabi Pilih Susu Dibanding Khamr saat Isra Miraj, Malaikat Jibril Ungkap Alasannya  

Pilar-pilar di Masjidil Haram tempat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengikat tunggangannya buraq sebelum Isra Miraj. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Baca juga: Ini Ayat-Ayat Alquran tentang Isra Miraj yang Jadi Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad 

Sayang, tidak diperkenankan mendekat ke area pilar. Pasalnya, kawasan sekitar dua pilar tempat mengikat buraq itu sedang tahap renovasi.

Adapun buraq sendiri digambarkan sebagai hewan tunggangan berwarna putih, panjang, dan lebih besar daripada keledai. Bukan hewan biasa, buraq memiliki kecepatan tinggi layaknya kilat dalam sekali melangkah.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini