Share

6 Fakta Menarik Pedagang Asongan Menang Tantangan Sambung Ayat Alquran, Netizen Terkagum-kagum

Hantoro, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 614 2657229 6-fakta-menarik-pedagang-asongan-menang-tantangan-sambung-ayat-alquran-netizen-terkagum-kagum-4qFnwmfbmf.jpg Viral pedagang asongan menang tantangan sambung ayat Alquran. (Foto: TikTok @ayaibrahimchannel)
A A A

SEORANG pedagang asongan di Kota Bandung mendadak viral setelah menang challenge atau tantangan sambung ayat Alquran. Dia pun memenangkan dua gepok uang yang dijanjikan para penantang.

Ternyata masih banyak fakta menarik di balik kisah viral pedagang asongan berhasil jalankan tantangan sambung ayat-ayat suci Alquran ini. Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana dihimpun dari unggahan akun TikTok @ayaibrahimchannel.

1. Berawal penasaran 

Akabar viral ini berawal dari dua pemuda berdiri di trotoar pinggir jalan Kota Bandung. Mereka membawa papan bertuliskan "Sambung Ayat Dapat Uang Segepok".

Pedagang asongan itu pun lewat dan berminat mengikutinya. Dia langsung bertanya caranya. "Sambung ayat apa ya 'a?" tanya pedagang asongan itu dengan penasaran.

Dijelaskan tata cara mengikutinya, dan mereka bersiap melakukan challenge ini. "Siap 'a?" tanya pria berbaju putih lengan panjang.

"Tapi 'a jangan yang susah-susah," ungkap pedagang asongan tersebut. 

Viral pedagang asongan menang challenge sambung ayat Alquran. (Foto: TikTok @ayaibrahimchannel)

2. Hafal Surat Al Kahfi 

Tantangan dimulai. Si pria penantang membuka dengan ayat pertama Surat Al Kahfi. Rupaya sang pedagang asongan berambut gondrong bertopi itu sudah tahu surat berisi 110 ayat tersebut. Tanpa pikir panjang, dia melanjutkannya.

Tidak diduga-duga, si pedagang asongan itu sangat lancar membaca lanjutan ayat-ayat Surat Al Kahfi. Bahkan suaranya sangat merdu hingga membuat takjub banyak warganet yang menyimaknya.

"Masya Allah. Kirain enggak bisa," ucap pria berbaju hitam yang ada di sebelah kanan pedagang asongan tersebut.

"Iya gw kirain enggak bisa. Minta jangan yang panjang-panjang (ternyata lancar dibaca). (Surat Al Kahfi) panjang itu mah 'a," tutur para penantang itu.

"Kaget a'. Suratnya yang Al Kahfi ya memang panjang. Ternyata bisa dengan izin Allah," jawabnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Dapat uang dua gepok

Dia berhasil memenuhi tantangan pertama sambung ayat-ayat Surat Al Kahfi. Sang pedagang asongan itu pun mendapat hadiah uang segepok.

Lalu dia mendapat tawaran untuk melakukan challenge kedua. Syaratnya, sang pedagang asongan harus duet satu ayat-satu ayat sebuah surat Alquran.

Jika berhasil mengerjakannya maka akan mendapat hadiah uang satu gepok lagi. Tapi apabila gagal, maka semua uang hadiah akan hangus. Tanpa ragu, dia pun menerima challenge berikutnya tersebut.

Ternyata tantangan kali ini membaca Surat Ad-Dhuha. Sang pedagang asongan pun dapat melalui duet sambung ayat dengan lancar. Hadiah tambah satu gepok uang dia terima.

4. Penampilan biasa saja

Dari segi penampilan, pedagang asongan tersebut biasa saja. Bahkan tidak terlihat seperti santri penghahafal Alquran atau jamaah salih lainnya. Rambutnya gondrong, menggunakan topi, baju lengan panjang, rompi, celana jins, dan sepatu kets.

Namun siapa sangka, kemampuannya dalam menghafal ayat-ayat suci Alquran sangat luar biasa. Semua tantangan yang diberikan bisa dijalankan dengan baik. Para penantang pun dibuat takjub. 

5. Pesan untuk kaum Muslimin

Di sesi terakhir, para penantang menanyakan adakah pesan-pesan untuk teman-teman yang menyaksikan video viral ini.

"Oh iya buat teman-teman. Manfaatkan umur sebelum dikubur," ucap sang pedagang asongan singkat dan jelas.

"Masya Allah dalem banget 'a," tukas para penantang sambung ayat tersebut. 

Viral pedagang asongan menang tantangan sambung ayat Alquran. (Foto: YouTube Aya Ibrahim)

6. Netizen terkagum-kagum 

Netizen yang menyaksikan video viral ini pun memberikan komentar beragam. Banyak dari mereka yang kagum kemampuan hafalan Alquran dan suara merdu pedagang asongan itu.

"Insecure banget," tulis akun @hadihim*** di kolom komentar.

"Jangan menilai dari penampilannya bro," papar @sy***.

"Subhanallah, tajwidnya kepake semua. Tabarakallah," komentar @shandra_****.

"Masya Allah.... Respect bngt gw sambil dengerin merinding bulu kuduk gw. Pesan terakhir reminder bngt A, 'Manfaatkan umur sebelum dikubur'," tukas @m***.

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini