Share

Bacaan Doa saat Minum Air Zam Zam Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa Besar!

Hantoro, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 618 2658008 bacaan-doa-saat-minum-air-zam-zam-beserta-keutamaannya-yang-luar-biasa-besar-WJJBzNq9g3.jpg Ilustrasi bacaan doa saat minum air zam zam. (Foto: Dani Jumadil Akhir/Okezone)
A A A

BACAAN doa saat minum air zam zam hendaknya dibaca ketika meminumnya. Mengharapkan segala keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala melalui air zam zam tersebut.

Dikutip dari Muslim.or.id, dai muda Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan ada hadis shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau pernah minum air zam zam sambil berdiri.

Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari:

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

"Aku pernah memberikan minum air zam zam pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau meminumnya sambil berdiri."

Begitu pula diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa khasiat air zam zam tergantung maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam zam adalah doa yang mustajab.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al Hakim, dan Ad-Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Jabir, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ماء زمزم لما شرب له

"Air zam zam tergantung orang yang meminumnya." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya tentang hadis tersebut, lalu beliau menilai bahwa hadis tersebut shahih.

Apakah ada doa khusus ketika meminum air zam zam? Ada riwayat dari Ad-Daruquthniy, namun ini bukan perkataan Nabi, hanyalah doa yang dipraktikkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa saat minum air zam-zam:

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in.

"Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit."

Intinya, cara minum air zam zam adalah (1) Berniat dengan niatan yang baik, (2) Berdoa pada Allah Subhanahu wa ta'ala setelah minum air zam zam.

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa saat minum air zam zam. Semoga jelas dan memberikan manfaat. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini