Share

Viral Kotak Amal Canggih Anti-Maling ala Jusuf Hamka, Netizen Takjub Melihatnya

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 614 2659556 viral-kotak-amal-canggih-anti-maling-ala-jusuf-hamka-netizen-takjub-melihatnya-6fuH3fLjso.jpg Viral kotak amal anti-maling ala Jusuf Hamka. (Foto: Instagram @sahabatsurga)
A A A

PENGUSAHA jalan tol Jusuf Hamka menarik perhatian publik karena sebuah alat canggih. Ia memperlihatkan kotak amal anti-maling di Masjid Babah Alun Desari yang ia kelola.

Kotak amal ini sudah dilengkapi sebuah desain mekanikal dan brankas di bawahnya. Disebut anti-maling karena uang amal yang dimasukkan langsung tersimpan aman saat ditutup.

Baca juga: Berawal Menguji Kekuasaan Allah, Pria Ini Dapat Hidayah Islam dan Mantap Jadi Mualaf 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Dalam video yang diunggah akun Instagram @sahabatsurga, tampak momen ketika Jusuf Hamka melakukan testimoni terkait cara menggunakan kotak amal tersebut.

"Bapak buka lacinya (kotak amal), tarik. Ini enggak dikunci. Saya taruh (uang amal Rp100 ribuan). Bapak tutup. Bapak buka lagi cari uangnya. (Sudah tidak ada) langsung masuk ke bawah," papar Jusuf Hamka saat mempraktikannya di hadapan reviewer otomotif Fitra Eri.

Baca juga: Bacaan Lengkap Surat Yasin Teks Arab Latin, Terjemahan Indonesia, Buka di Alquran Digital Okezone 

Kotak amal ini berbentuk seperti brankas besar yang terbuat dari besi. Ada dua laci di dalam kotak amal tersebut. Laci atas untuk menaruh uang dan laci bawah menyimpan uang amal.

Jusuf Hamka mengeluarkan uang dari dompetnya yakni sebesar Rp100 ribu. Kemudian ia memasukkan uang tersebut. Nyatanya benar, langsung tersimpan uangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fitra Eri juga coba memasukkan uang Rp100 ribu dari Jusuf Hamka. Seperti sebelumnya, uang itu juga menghilang.

"Ini bukan Demian, bukan Deddy Corbuzier ya, saya masukin sini," kata Fitra Eri saat mencoba memasukkan uang amal.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Jumat 2 September 2022M/5 Safar 1444H 

Teknologi ini diklaim Jusuf Hamka anti-pencurian. Ia menerangkan bahwa kotak amal yang ada di masjid tersebut tidak dibuat dengan sistem keliing. Hal tersebut bertujuan agar jaamah tidak merasa malu saat tidak memiliki uang untuk beramal.

"Silakan yang mau beramal, kami tidak permalukan. Ada duit silakan taruh, enggak ada duit enggak apa-apa. Jadi, kami tidak putari," ucap Jusuf Hamka.

Baca juga: Surat Al Kahfi Lengkap Ayat 1-110, Sunnah Dibaca Setiap Jumat Berkah 

Video viral kotak amal anti-maling ini membuat netizen kagum serta memberikan banyak pujian. Bagaimana tidak, ketika memasukkan uang, otomatis uang tersebut langsung jatuh ke brankas di bawahnya.

"Saya setuju dengan kata beliau tidak mau memperlakukan orang yang tidak memasukkan uang di kotak amal dengan berbagai alasan. Sampai segitu beliau memikirkannya. Luar biasa salutt," puji @ivan*** di kolom komentar.

"Masya Allah, semoga bisa diikuti masjid lain. Aamiinn," tulis netizen yang lainnya.

"Masih mikir gmn cara duitnya bisa ilang yaaa. Pengin lihat lgsung biar gak nebak2," komentar netizen lainnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Abu Nawas Bikin Panci Jadi Beranak, Cuma Dia yang Bisa! 

Baca juga: Doa Nabi Ibrahim untuk Putranya agar Jadi Anak Sholeh 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini