Share

Doa Nabi Ibrahim untuk Putranya agar Jadi Anak Sholeh

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 618 2659289 doa-nabi-ibrahim-untuk-putranya-agar-jadi-anak-sholeh-S77FhDJZPb.jpg Ilustrasi doa Nabi Ibrahim untuk putranya agar jadi anak sholeh. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA Nabi Ibrahim untuk putranya agar jadi anak sholeh sangat penting diketahui para orangtua Muslim. Doa ini pun banyak terdapat dalam Alquran dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan agar memahami dan meneladani perjuangan Nabi Ibrahim Alaihissallam, serta mengamalkan doa-doanya yang makbul.

Nabi Ibrahim Alaihissallam adalah salah satu nabi yang memiliki sifat sangat mulia untuk menjadi suri teladan bagi umat Islam.

Di dalam Alquran disebutkan bahwa Nabi Ibrahim Alaihissallam selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberikan keturunan anak dan cucu yang sholeh.

Doa Nabi Ibrahim Alaihissallam sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surat Ibrahim Ayat 40 dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala dengan dikaruniai dua putra yang sholeh yakni Nabi Ismail Alaihissallam dan Nabi Ishaq Alaihissallam.

Berikut beberapa doa Nabi Ibrahim Alaihissallam untuk putranya agar menjadi anak-anak sholeh, sebagaimana telah Okezone himpun. 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

1. Doa Nabi Ibrahim agar memiliki anak sholeh

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi hablii minash shoolihiin

Artinya: "Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh." (QS As-Shaffat: 100)

2. Doa Nabi Ibrahim agar anak rajin sholat

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

Latin: Rabbij'alnii muqiimash sholaati wa minng dzurriyyatii, rabbana wataqabbal du'aa

Artinya: "Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Rabb kami, perkenankan doaku." (QS Ibrahim: 40) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Doa agar memiliki anak baik

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Arab latin: Rabbi hablii milladunngka dzurriyyatan thoyyibah, innaka samii'uddu'aa

Artinya: "Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS Ali Imran: 38)

4. Doa minta keturunan baik dan keluarga sakinah

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Arab latin: Rabbanaa hablanaa min azwaajina wamin dzurriyatinaa qurrata a'yuniw wajalnaa lil muttaqiina imaama

Artinya: "Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Furqan: 74)

5. Doa meminta anak sholeh

اَللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدَ الَّذِي اَخْرَجْتَ مِنْ عَالَمِ الظُّلْمِ اِلَى عَالِمَ النُّوْرِ وَاجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفًا اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ شَاهِدًا وَمُبَارَكاً وَعَالِماً وحَافِظًالِكَلاَمِكَ الْمَكْنُوْنِ وَكِتَابِكَ الْمَحْفُوْظِ اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَاَفْصَحْلِسَانَهُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ

Artinya: "Ya Allah, jagalah anak yang Engkau keluarkan dari alam kegelapan ke alam nyata ini, jadikanlah ia sebagai anak yang saleh, sehat, sempurna, yang lemah lembut, yang cerdas, yang pandai yang penuh barokah, yang pandai dan menjaga kalimat-Mu dan menjaga kitab-kitabMu. Ya Allah panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya dan baguskanlah lisannya untuk membaca Alquran dan hadis."

6. Doa bersyukur atas kelahiran anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اللهم يَا خَالِقَ اْلإِنْسَانِ فِى أَحْسَنِتَقْوِيْمٍ، وَمَا مُعْطِيَ اْلبَنَاتِ وَالْبَنِيْنَ، وَيَا مُرَبِّيَ اْلأَوْلَادِ، وَيَا رَحِيْمَ اْلعِبَادِ، إِنَّكَ قَدْ أَنْعَمْتَ عَلَيْنَا بِطُلُوْعِ هٰذَا اْلوَلَدِ الْمَحْمُوْلِ فِى بَطْنِ أُمِّهِ الْمَثْقُوْلِ.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad. Ya Allah wahai Pencipta manusia dengan sebaik-baik bentuk, wahai Tuhan yang mendidik anak-anak dan menyayangi pada hambanya. Engkau telah memberikan nikmat kepada kami, dengan kelahiran anak kami ini, yang dikandung berat dalam perut ibunya." 

7. Doa sabar mendidik anak

اَللهم تَقَبَّلْ مِنَّا حُرْسَنَا وَأَنْبِتْهُ نَبَاتًا حَسَنًا وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلىٰ قَلْبِ أَبَوَيْهِ عِنْدَ تَرْبِيَّتِهِ وَحَضَانَتِهِ، اَللهم يَا رَفِيْقَ اْلأَنَامِ، وَ يَا مُخَصِّصَ اْلأَيَّامِ بِكَأَسْتَغِيْثُ يَامُغِيْثُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah terimalah selamatan kelahiran anak kami ini, dan kembangkanlah pertumbuhannya dengan pertumbuhan yang baik, limpahkanlah kesabaran hati kedua orang tuanya ketika mendidik dan memeliharanya. Ya Allah, wahai Tuhan yang belas kasih terhadap manusia, wahai Tuhan yang menentukan beberapa hari, kepada Engkaulah kami memohon pertolongan wahai Tuhan yang memberi pertolongan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang."

Demikian penjelasan mengenai doa Nabi Ibrahim untuk putranya agar jadi anak sholeh. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini