Share

Ajaib! Abu Nawas Bisa Cangkul Ladang di Rumahnya meski Sedang Dipenjara

Hantoro, Jurnalis · Senin 05 September 2022 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 614 2660475 ajaib-abu-nawas-bisa-cangkul-ladang-di-rumahnya-meski-sedang-dipenjara-mubOoSLOJH.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas garap ladang dari dalam penjara. (Foto: Istimewa/Sindonews)
A A A

SUATU hari Abu Nawas melakukan keteledoran yang tidak bisa dimaafkan pihak kerajaan. Ia pun menjadi buronan Baginda Raja dan pihak istana. Raja kemudian memerintahkan prajuritnya menangkap Abu Nawas di rumahnya.

Tibalah prajurit istana di rumah Abu Nawas. Mereka melihat Abu Nawas dan istrinya sedang mencangkul di ladang yang akan ditanami kentang.

Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Baru mencangkul beberapa meter saja, tanpa ampun para prajurit menggelandang Abu Nawas ke penjara istana. Ia sedih karena ladangnya belum selesai dicangkul, ditambah sang istri tidak mungkin kuat mencangkul sendirian.

Di dalam penjara, Abu Nawas bepikir keras agar istrinya tetap bisa menanam kentang. Kalau tidak, musim tumbuhnya kentang akan berlalu begitu saja. Ia memanggil seorang penjaga penjara.

"Wahai penjaga, saya ingin menulis surat rahasia untuk istriku di rumah tentang sesuatu yang sangat penting," kata Abu Nawas yang menyampaikan bahwa suratnya itu tidak boleh dibaca oleh siapa pun, dilansir nu.or.id.

Si penjaga penjara tersebut langsung melaporkan keinginan Abu Nawas kepada Baginda Raja. Baginda Raja menyetujuinya. Penjaga penjara langsung mengambilkan kertas dan pena untuk Abu Nawas. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Abu Nawas menulis dalam suratnya: "Wahai istriku, janganlah engkau sekali-kali menggali ladang kita, karena aku menyembunyikan harta karun dan senjata di situ. Tolong jangan bercerita kepada siapa pun."

Tentu saja Baginda Raja penasaran lalu membaca surat rahasia Abu Nawas untuk istrinya. Setelah mengetahui isi surat tersebut, Raja mengirim banyak prajurit untuk menggali ladang Abu Nawas.

Istri Abu Nawas kaget, prajurit kerajaan ramai-ramai menggali ladangnya. Pekerjaan yang selama ini diharapkannya agar bisa menanam kentang.

Abu Nawas kembali menyurati istrinya: "Istriku, sekarang engkau bisa menanam kentang tanpa harus menggali tanah." Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini