Share

Bacaan Doa Sebelum dan Setelah Belajar, Memudahkan Menuntut Ilmu

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 05 September 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 618 2660868 bacaan-doa-sebelum-dan-setelah-belajar-memudahkan-menuntut-ilmu-PmcmrzxNT3.jpg Ilustrasi bacaan doa sebelum dan sesudah belajar. (Foto: Dok Sindo/Haryudi)
A A A

BACAAN doa sebelum dan setelah belajar perlu diketahui para siswa-siswi agar mendapat kemudahan serta keberkahan dalam menuntut ilmu. Selain itu, membaca doa ini juga bisa menghindarkan dari hal-hal yang menyimpang selama menimba ilmu.

Belajar atau menuntut ilmu sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah dalam ajaran agama Islam. Bahkan, ayat pertama yang turun kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam saat menjadi nabi dalam Surat Al 'Alaq pun memiliki arti "Bacalah" (QS Al 'Alaq: 1).

Hal ini menunjukkan bahwa kedudukan ilmu dalam Islam begitu mulia. Allah Subhanahu wa ta'ala pun akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu. Sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya:

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Subhanahu wa Ta'ala Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Mujadalah: 11)

Ini juga mendapat perhatian dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang dalam salah satu hadis pernah bersabda:

"Barang siapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barang siapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga." (HR Bukhari dan Muslim) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Supaya dimudahkan dalam menyerap materi pembelajaran atas ridho Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka bacaan doa sebelum dan sesudah belajar berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun:

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: "Kami ridho Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik." 

Doa Sesudah Belajar 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa sebelum dan setelah belajar. Semoga memberikan manfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini