Share

8 Khasiat Doa Sapu Jagat, Gus Mus: Amalan Paling Baik dan Top

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 330 2662282 8-khasiat-doa-sapu-jagat-gus-mus-amalan-paling-baik-dan-top-3niIt4CdZK.jpg Ilustrasi khasiat doa sapu jagat. (Foto: Shutterstock)
A A A

KHASIAT doa sapu jagat kerap disebut-sebut sebagai amalan yang paling ampuh. Setiap orang yang membacanya akan memohon ampun dan meminta kebaikan dunia akhirat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu memanjatkan doa sapu jagad.

قَالَ الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ: أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِيمَا بَيْنُ الرُّكْنِ الْيَمَانِيِّ وَالرُّكْنِ الْأَسْوَدِ: {رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ}

Artinya: "Imam Syafii mengatakan dari Abdullah ibnu Saib, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengucapkan doa berikut di antara rukun Bani Jumah dan rukun Aswad, yaitu: Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala mencela orang yang tidak mau meminta kepada-Nya kecuali hanya mengenai urusan duniawinya, sedangkan urusan akhiratnya dia kesampingkan."

Sementara itu menurut KH Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus, doa sapu jagat adalah salah satu doa paling baik. Kemudian tidak ada doa khusus, sehingga menjadikannya doa sapu jagat.

"Doa yang paling baik dan paling top, kamu tidak punya doa lain pun doa ini sudah sapu jagad, karena baik semua," katanya dikutip dari Youtube Gus Mus Channel.

Lebih lanjut ia mengatakan hadis ini dari Anas bin Malik. Anas bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sekira 10 tahun sehingga mengetahui Nabi dari dekat. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa Sapu Jagat

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ – متفقٌ عَلَيْهِ .

Artinya: "Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, 'Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam yaitu Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar'."

Lalu apa saja khasiat doa sapu jagat ini? Berikut 8 di antaranya seperti sudah dimaknakan Ibnu Katsir, Imam Nawawi, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Al-Qurthubi, dan Al-Hasan.

1. Memohon dijauhkan dari seluruh keburukan.

2. Memohon dimudahkan masuk ke surga.

3. Berharap mendapat surga dan ampunan (maghfirah) Allah Subhanahu wa ta'ala.

4. Permohonan mendapat ketenteraman, keselamatan, dan harta yang cukup.

5. Agar mendapat kebaikan dalam hal ilmu dan amal ibadah.

6. Permohonan agar selalu selamat dari bencana besar di Padang Mahsyar, diringankan hisabnya, dipermudah ketika menyeberang shirath al-mustaqim.

7. Mendapat kemudahan dunia dalam menjalankan seluruh perintah-Nya. Serta meninggalkan seluruh larangan atau hal yang diharamkan-Nya.

8. Mendapat nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri salihah yang penuh dengan kebaikan, kelapangan rezeki, ilmu bermanfaat, amal salih, kendaraan yang menyenangkan, hingga pujian yang baik. 

Berikut ini doa sapu jagat yang cukup sering dibaca Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbana Aatinaa Fid Dun-Yaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka." (QS Al Baqarah: 201)

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini