Share

Hebat Banget! Abu Nawas Bisa Hitung Jumlah Bulu Domba, Begini Caranya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 614 2662280 hebat-banget-abu-nawas-bisa-hitung-jumlah-bulu-domba-begini-caranya-OlvpiAqeqv.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas bisa hitung jumlah bulu domba. (Foto: Istimewa/Matematrik/Sindonews)
A A A

ABU Nawas bertemu tiga orang pintar tapi sangat sombong. Ketiganya sangat pintar, sayangnya kerap menantang orang-orang yang ditemui di jalan.

Suatu hari tiga orang sombong itu memasuki kampung tempat tinggal Abu Nawas. Penduduk setempat berusaha menghalangi orang-orang tersebut, tapi tidak tahu harus bagaimana hingga akhirnya dilaporkan kepada Abu Nawas, karena mereka yakin bisa menandinginya.

Kemudian Abu Nawas setuju. Dengan senang hati, ia akan mengadu kepintaran dengan tiga orang yang dikenal cerdik tersebut. Saat itu mereka adu kepintaran di sebuah lapangan, sehingga masyarakat bisa menontonnya.

Satu dari tiga orang cerdik tersebut bertanya kepada Abu Nawas, "Di mana sebenarnya pusat bumi ini, wahai Abu Nawas yang bodoh?"

Disebut bodoh, Abu Nawas ternyata tidak marah, justru membalasnya dengan senyum. Lalu ia menjawabnya dengan nada santai, "Tentu itu mudah. Pusat bumi ada di bawah kakiku."

Namun ketiga orang sombong itu tidak terima dengan jawaban dari Abu Nawas. Mereka bertanya kembali bagaimana Abu Nawas bisa tahu.

"Kalau kalian tidak percaya, ukur saja sendiri," ujar Abu Nawas, dikutip dari kanal YouTube Ansor Umar.

Orang pertama yang bertanya kepada Abu Nawas hanya terdiam setelah mendengar jawabannya. Selanjutnya orang kedua bertanya, "Berapakah jumlah bintang yang ada di langit?" tanyanya.

Ternyata pertanyaan itu hampir sama dengan yang pertama, dan sudah dipastikan Abu Nawas bisa menjawabnya dengan mudah.

Abu Nawas menjawab, "Jumlah bintang-bintang yang ada di langit sama dengan jumlah bulu keledaiku ini. Kalau tidak percaya, silakan Anda hitung bulu keledaiku ini. Pasti Anda akan tahu kebenarannya." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kesal mendengar jawaban Abu Nawas, orang ketiga dari kawanan itu lalu mengajukan pertanyaan kepada Abu Nawas. "Anda tahu bulu keledai. Coba berapa jumlah bulu yang ada di keledai itu?" tanya orang ketiga tersebut.

Abu Nawas hanya tertawa meledek. Ia menganggap pertanyaan dari ketiga orang ini tidak kreatif karena semua pertanyaannya sama yakni menanyakan jumlah.

"Jumlah bulu ekor keledai ini sama dengan jumlah rambut yang ada di jenggot Anda. Kalau tidak percaya, silakan cabut satu per satu," ucap Abu Nawas.

Sadar jika bulu jenggot dicabut satu per satu akan sakit, maka orang ketiga itu langsung terdiam dengan jawaban dari Abu Nawas. Ingin membalasnya, tapi tidak tahu apa yang harus ditanyakan lagi karena ternyata Abu Nawas lebih cerdik dari dirinya.

Allahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini