Share

Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 618 2661791 bacaan-doa-qunut-subuh-lengkap-dengan-arti-dan-keutamaannya-9YpH9g0Yef.jpg Ilustrasi bacaan doa qunut subuh. (Foto: Istimewa/Sindonews)
A A A

BACAAN doa qunut subuh lengkap dengan arti dan keutamaannya akan dibahas dalam artikel kali ini. Diketahui bahwa sebagian Muslim saat menunaikan Sholat Subuh ada yang membaca doa qunut dan ada juga yang tidak.

Beberapa imam atau ulama terdahulu juga memiliki pendapat berbeda tentang membaca doa qunut saat Sholat Subuh, di antaranya:

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Witir Lengkap Artinya Terjemahan Indonesia 

Menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad, doa qunut Sholat Subuh hukumnya tidak disunahkan, karena hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam bahwa beliau pernah melakukan doa qunut ketika sholat fajar selama sebulan telah dihapus (mansukh) dengan ijmak.

Sementara menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah), doa qunut Sholat Subuh hukumnya sunah, tetapi disyaratkan pelan saja (sirr).

Sedangkan menurut Syafi'iyyah, hukum doa qunut subuh sunah ab'adl (jika lupa atau tertinggal sunah sujud sahwi). Dilakukan pada rakaat kedua Sholat Subuh. Sebab, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika mengangkat kepala dari rukuk (iktidal) saat rakaat kedua Sholat Subuh membaca qunut.

Baca juga: 3 Doa Qunut Ini Wajib Diketahui Muslimin, Ada yang Dibaca ketika Terjadi Musibah 

Sementara dalam hadis riwayat Ibnu Mas'ud juga menjelaskan hal serupa:

رَوَى ابنُ مَسْعُوْدٍ: أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَنَتَ فِيْ صَلاَةِ الفَجْرِ شَهْراً ثُمَّ تَرَكَهُ

Artinya: "Diriwayatkan oleh Ibn Mas'ud: 'Bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi Shallallahu alaihi wassallam meninggalkannya'." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun bagi kaum Muslimin yang mengamalkan doa qunut saat Sholat Subuh, berikut bacaannya lengkap latin dan artinya terjemahan bahasa Indonesia, sebagaimana telah Okezone himpun:

للّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa qunut subuh lengkap dengan arti dan keutamaannya. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini