Share

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 330 2663389 wajib-tahu-ini-perbedaan-zakat-fitrah-dan-zakat-maal-z2LpRwBgDj.jpg Ilustrasi perbedaan zakat fitrah dan zakat maal. (Foto: Shutterstock)
A A A

RAMADHAN identik dengan bulan penuh berkah. Selain puasa dan sholat tarawih, ibadah lainnya yang rutin dilakukan selama Ramadhan adalah membayar zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat maal.

Zakat merupakan bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim jika telah mencapai syarat sahnya. Zakat juga merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Baca juga: Mengenal Zakat Profesi dan Bagaimana Cara Membayarnya? 


Baca juga: Mengenal Apa Itu Zakat dan Bagaimana Hukumnya? 

Perbedaan zakat fitrah dan zakat maal perlu diketahui setiap Muslim agar tidak keliru melaksanakannya. Dalam ajaran agama Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).

"Zakat maal dan zakat fitrah masing-masing punya ketentuan sendiri. Beda ketentuannya terutama pada persoalan waktu," jelas Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa Ustadz Ahmad Shonhaji dalam keterangan yang diterima Okezone.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Zakat fitrah dikeluarkan setahun sekali yaitu pada bulan Ramadhan. Ukurannya 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras atau makanan pokok, itu yang dizakatkan.

"Zakat fitrah ngeluarinnya diperbolehkan dari awal Ramadhan sampai sebelum khatib naik mimbar pada tanggal 1 Syawal," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Etos Kerja dalam Islam yang Mendatangkan Banyak Pahala 

Baca juga: Doa saat Terlilit Utang, Baca Setiap Sepertiga Malam 

Sedangkan zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan seseorang karena memiliki kelebihan harta selama satu tahun penuh. Zakat harta bertujuan membersihkan harta-harta yang dimiliki tersebut.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini