Share

Heboh Wudhu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Tata Caranya yang Benar Kata Ustadz Adi Hidayat

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 616 2666190 heboh-wudhu-nagita-slavina-disebut-salah-semua-ini-tata-caranya-yang-benar-menurut-ustadz-adi-hidayat-12JpaltmKj.jpg Heboh tata cara wudhu Nagita Slavina disebut salah semua oleh netizen. (Foto: Dok Instagram @raffinagita1717)
A A A

HEBOH cara wudhu Nagita Slavina disebut salah semua oleh netizen. Kejadian itu terekam ketika istri dari artis Raffi Ahmad tersebut mengunjungi kos-kosan asistennya Lala.

Lantas, bagaimana tata cara wudhu yang benar? Simak penjelasan dai muda Ustadz Adi Hidayah Lc MA berikut ini.

BACA JUGA: Cara Wudhu Nagita Slavina Tuai Sorotan, Disebut Salah Semua oleh Netizen 

Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan cara wudhu sesuai syariat bermanfaat setan tidak mudah masuk atau menggoda kaum Muslimin.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengajarkan kita bagaimana berwudu, sehingga menutup peluang setan masuk ke dalamnya," ujar Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube Mentari Senja TV. 

Ustadz Adi Hidayat (UAH). (Foto: YouTube Kajian Islam Podcast)

Dia menerangkan, makhluk yang menggoda ketika seseorang berwudu yaitu bernama setan wahlan. Ketika seorang mukmin yang hendak menyucikan dirinya sebelum sholat, maka setan tersebut akan terus berusaha menggodanya.

"Misalnya, wudhunya terburu-buru," jelas Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA: Wudhu Sambil Berbicara, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam 

Oleh karena itu, lanjut UAH, cara menghindarinya sebelum berwudhu adalah dengan membaca doa atau minimal mengucapkan Bismillah, baik secara lisan maupun di dalam hati.

"Bacaan itu yang membuat setan sulit masuk ke dalam saat berwudhu," terang Ustadz Adi Hidayat. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nah, berikut tata cara wudhu dengan baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

1. Membersihkan tangan

Pertama adalah membersihkan tangan, bisa menggunakan air mengalir. UAH menjelaskan, diharuskan membasuh tangan dan membersihkannya hingga ke sela-sela jarinya.

2. Berkumur sekaligus menghirup airnya ke hidung

Saat sedang berwudu, disunahkan berkumur sekaligus menghirup sedikit air ke dalam hidung. Hal ini agar semua kotoran keluar dan benar-benar bersih sebelum sholat.

UAH mengatakan, bahkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sambil menggosok mulutnya, baik menggunakan siwak maupun jari-jari tangan.

Kedua hal tersebut termasuk kategori sunah. Apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala, namun tetap harus diperhatikan tata caranya. "Ini masuk dalam kategori sunnah," katanya.

3. Membasuh wajah

Membasuh wajah, urutannya dari dahi turun ke bawah melewati mata. Sesampainya di pinggiran hidung, dilanjutkan ke bagian dagu. Setelah itu, mundur ke bagian belakang telinga sambari digosokkan dengan jari-jari tangan. 

4. Membasuh tangan

Selanjutnya adalah membasuh tangan. Urutannya adalah dari ujung jari, turun ke pergelangan tangan sampai ke ujung lengan yang tepat bertepatan dengan bahu.

Namun membasuh sampai ujung lengan adalah sunah. Menurut penjelasan dalam fikih, Anda hanya diwajibkan membasuh lengan sampai sikut saja. "Mulai dari punggung telapak tangan, pergelangan dan dilanjutkan hingga sampai siku," tuturnya.

5. Membasuh kepala

Syarat sah wudu selanjutnya adalah membasuh kepala. UAH menuturkan, bukan dengan cara disiram, namun dibasahi dengan air. Kemudian saat membasuh kepala, dilanjutkan membersihkan telinga dengan menggunakan jari-jari.

"Bukan airnya yang ditumpahkan ke kepala, namun setelah mengambil air, baru mengusapnya ke kepala Anda. Bisa langsung membasuhnya dan membersihkan ke telinga," tuturnya.

6. Mencuci kaki

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, mencuci kaki yang benar saat wudhu adalah sampai kedua mata kaki yang menggunakan air mengalir namun tidak berlebih-lebihan. "Hingga sela-sela jarinya kakinya," tuntasnya.

Allahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini