Share

3 Doa Nabi Yusuf yang Dapat Diamalkan Setiap Hari, Bikin Dicintai Banyak Orang

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 618 2667851 3-doa-nabi-yusuf-yang-dapat-diamalkan-setiap-hari-bikin-dicintai-banyak-orang-2v7yYABUHy.jpg Ilustrasi doa Nabi Yusuf yang dapat diamalkan setiap hari. (Foto: Shutterstock)
A A A

SETIDAKNYA ada 3 doa Nabi Yusuf yang dapat diamalkan setiap hari oleh kaum Muslimin. Diketahui Nabi Yusuf Alaihissallam adalah nabi ke-11 dari 25 nabi yang namanya jelas diceritakan tertulis di dalam kitab suci Alquran.

Nabi Yusuf Alaihissallam merupakan sosok yang memiliki paras sangat tampan, baik wajah maupun akhlaknya, dan patut dicontoh. Meskipun disebut-sebut sebagai nabi paling tampan, ia tidak pernah sombong. Dirinya selalu rendah diri.

BACA JUGA: 5 Doa agar Disukai dan Disayangi Banyak Orang, Belajar dari Nabi Yusuf 

Berkat ketampanan hingga akhlaknya yang mulia, Nabi Yusuf Alaihissallam sangat dikagumi dan disayangi oleh banyak orang. Bahkan, ayahnya sendiri begitu menyayanginya.

Akan tetapi tentu saja sebagai utusan Allah Subhanahu wa Ta'ala, Nabi Yusuf Alaihissallam pernah mendapat ujian. Salah satunya adalah dibenci oleh saudara-saudaranya sendiri karena berbagai hal.

Kebencian orang lain tidak membuat Nabi Yusuf Alaihissallam menaruh dendam. Ia membalasnya dengan cara mendoakan yang baik-baik kepada mereka yang selalu membenci dan memojokkannya.

Adapun beberapa doa Nabi Yusuf Alaihissallam yang bisa kaum Muslimin amalkan dalam sehari-hari adalah sebagai berikut, mulai dicintai banyak orang hingga menjauhkan diri dari fitnah, seperti telah Okezone himpun.

BACA JUGA: Kisah Nabi Yusuf Menolak Keras Ajakan Zina Zulaikhah hingga Dijebloskan ke Penjara 

1. Doa supaya dicintai banyak orang

Doa yang dibaca Nabi Yusuf Alaihissallam agar dicintai banyak orang, yakni:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Doa ketika bercermin

Berikut adalah bacaan doa Nabi Yusuf Alaihissallam yang baik dibaca ketika bercermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dari Ibnu Mas'ud:

حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ .وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ.

Dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku." (HR Ahmad dan dishahihkan Ibnu Hibban)

Bisa juga membaca potongan kalimat dalam hadis tersebut, sekaligus doa agar memperbaiki akhlak diri sendiri.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma Kamaa Hassanta Kholqii Fa Hassin Khuluqi.

Para ulama mengatakan doa ini baik diamalkan ketika sedang bercermin agar memiliki aura wajah yang menawan dan dicintai semua orang.

3. Doa menjauhkan diri dari hawa nafsu

Selanjutnya doa ini dikutip dari Alquran yang terdapat dalam Surat Yusuf Ayat 33:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Robbissijnu Akhabbul ilayya Mimma Yad’unaniy ilaihi. Wailla Tashrif ‘Anni Kaydahunna Ashbu ilaihinna Aa Akuminal Jahilin

Artinya: Yusuf berkata, "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh."

Demikian penjelasan mengenai 3 doa Nabi Yusuf yang dapat diamalkan setiap hari. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini