Share

5 Rekomendasi Kuliner Enak di Pasar Baru, Nomor 1 Sang Legend Berusia 72 Tahun

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 301 2672553 5-rekomendasi-kuliner-enak-di-pasar-baru-nomor-1-sang-legend-berusia-72-tahun-u1J5MAiDAO.JPG Tropik, spot kuliner enak di Pasar Baru yang eksis sejak tahun 1950 (Foto: Zomato)

DINAS Kebudayaan (Disbud), Pemprov DKI Jakarta menetapkan Pasar Baru, Jakarta Pusat sebagai kawasan Cagar Budaya, serta Batu Penggilingan dan Prasasti Padrao sebagai Benda Cagar Budaya.

Sementara itu, selama ini Pasar Baru sebagai salah satu kawasan kuliner di Jakarta. Di sini Anda bisa menemukan aneka jajanan lezat, bahkan terdapat juga kuliner legendaris.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi lima kuliner yang menarik yang bisa Anda coba saat datang ke Pasar Baru, Jakarta Pusat.

1. Restoran Tropic

Restoran Tropic ini sudah ada sejak 1950, dan jadi salah satu restoran legendaris di Pasar Baru yang mana keberadaannya hingga kini masih ada, lho.

Mengusung konsep tempo dulu. Cat di restoran ini didominasi dengan warna biru muda, seperti halnya khas Amerika Serikat pada zaman dulu.

Menu favorit di restoran ini adalah es krimnya yang ada 16 varian rasa, di antaranya rasa coklat, vanilla, susu, stroberi, teh hijau, velvet, pisang, mocca, tiramisu, hingga durian. Anda bisa mengkombinasikannya lho dengan dua hingga tiga rasa.

2. Nasi Uduk Kota Intan

Penjual nasi uduk memang bisa Anda dapatkan di mana saja. Namun jika berkunjung ke Pasar Baru, jangan sampai melewatkan mencicipi hidangan yang disediakan Nasi Uduk Kota Intan.

Selain nasi uduk yang menjadi andalannya, tersedia juga berbagai macam lauk pauk menggugah selera seperti ayam goreng, bebek goreng, sate telur, ati ampela, tempe, tahu dan lainnya.

Nasi Uduk Kota Intan, Pasar Baru

(Foto: Instagram/@hhengkii)

Lokasinya ada di Jalan KH Samanhudi Pasar Baru, atau tepatnya di depan GKI Samanhudi. Warung ini cukup legendaris, lho. Jam operasionalnya mulai dari pukul 18.00 sampai 02.00 dini hari. Para pencinta kuliner Jakarta tentunya tidak akan melewatkan mencoba makan di sini.

3. Bakmi Gang Kelinci

Kemudian ada bakmi Gang Kelinci, menjadi salah satu kuliner favorit di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tempat ini juga menjadi bagian kuliner yang melegenda.

Berdiri sejak 1957, bakmi ini mulanya hanya beroperasi di gerobak namun dengan seiring waktu mulai beroperasi lebih baik. Untuk hidangan favoritnya sendiri Anda bisa menikmati bakmi sayap ayam yang menjadi favorit di tempat makan tersebut.

Selain itu, bakmi ini juga halal lho. Bagi muslim yang ingin mencoba bakmi legendaris ini tidak perlu khawatir, karena semua bahannya bebas babi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Joni Steak

Bagi Anda yang ingin makan steak, namun dengan cuan pas-pasan bisa datang ke Joni Steak di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Berkonsep steakhouse, tempat makan ini sudah ada sejak 2005 lalu.

Daging yang disajikan adalah sapi. Kurang dari harga Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa menyantap steak seberat 100 gram.

Tekstur dagingnya cukup lembut, rasa sausnya juga nikmat. Meski terbilang murah, tapi hidangan yang dijual tidak murahan.

5. Bakso Metro

Pecinta bakso jangan sampai melewatkan mencicipi Bakso Metro di Pasar Baru ini. Selain rasanya yang enak, kedai ini sudah ada sejak tahun 1984.

Anda bisa memesan bakso urat, daging dan telur di sini. Teksturnya benar-benar daging, rasanya gurih dan kuahnya cukup medok dan kental.

Dalam satu mangkuk bakso, dilengkapi juga dengan bihun, mi kuning, sayuran dan juga tetelan yang akan membuat hidangan Anda lebih lezat serta istimewa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini