Share

Jangan Sembarang Menukar Kursi Pesawat, Bisa Berakibat Fatal!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 406 2672564 jangan-sembarang-menukar-kursi-pesawat-bisa-berakibat-fatal-feS9SX3kV9.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

SEBELUM naik pesawat terbang, tentunya Anda akan memesan kursi lebih dulu. Menentukan, di mana akan duduk.

Namun setelah masuk ke dalam kabin terkadang tergoda, jika melihat salah satu seat kosong dan berniat untuk pindah posisi.

Sebagian penumpang ada yang meminta izin lebih dulu kepada awak kabin, untuk pindah tempat.

Namun beberapa di antaranya juga ada yang langsung pindah, tanpa permisi. Tapi tahukah Anda, bahwa tindakan tersebut sebenarnya bukan keputusan yang tepat?

Salah seorang mantan pramugara maskapai Virgin America, Bobby Laurie mengatakan, bahwasannya mereka kerap ditegur jika ada penumpang yang berpindah tempat duduk ke seat yang tidak ada pemiliknya.

Hal itu dikarenakan, setiap kursi berbeda harga. Bisa jadi seat yang kosong itu lebih mahal, sementara penumpang yang meminta pindah telah membayar kursi yang harga lebih rendah.

infografis

"Beberapa maskapai penerbangan menetapkan beberapa baris pertama pesawat, dan biasanya pintu keluar overwing, sebagai kursi premium atau pilihan," katanya dikutip dari laman The Sun.

"Mereka selalu datang dengan biaya tambahan dan pramugari seharusnya memeriksa manifes terhadap penumpang yang duduk di kursi itu," tambahnya.

Ia melanjutkan, jika penumpang yang asal pindah tempat duduk dan tidak memenuhi persyaratan, maka bisa jadi ia akan dikeluarkan dari dalam pesawat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bobby juga menjelaskan, bukan hanya karena masalah biaya saja tapi juga berkaitan dengan keseimbangan pesawat sendiri.

Pilot harus tahu, berapa jumlah penumpang yang naik, dan setiap barisan kursi mana saja yang sudah terisi.

Lebih lanjut, apabila terlalu banyak bergerak, maka ini dapat menyebabkan masalah dengan angka atau keseimbangan dari pesawat itu sendiri.

infografis

"Jika salah perhitungan, pesawat akan jatuh saat lepas landas," ujar Pilot Magnar Nordal.

Ia menuturkan, sebelum lepas landas harus ditentukan empat penumpang sudah mengisi bagian empat seat di depan.

Jika hal itu tidak terpenuhi, maka ketika pesawat akan bersiap lepas akan terasa berat.

"Ini adalah situasi yang sangat kritis, karena landasan pacunya sangat pendek, dan kami tidak akan bisa berhenti," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini