Share

Mengenal PGAK Pusat Pastoral Samadi, Pusat Pelayanan Katolik yang 'Disulap' Jadi Tempat Isoman

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 408 2672456 mengenal-pgak-pusat-pastoral-samadi-pusat-pelayanan-katolik-yang-disulap-jadi-tempat-isoman-UoVPPS6JQD.JPG PGAK Pusat Pastoral Samadi di Duren Sawit, Jakarta Timur (Foto: Instagram/@puspaskaj)

PENGURUS Gereja Amal Kasih (PGAK) Pusat Pastoral Samadi selama beberapa tahun ke belakang atau tepatnya pada masa pandemi, diubah menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) bagi para pasien Covid-19. Di mana kala itu masih dalam kondisi keterbatasan ruang.

Lantas, bagaimana awal mula PGAK Pusat Pastoral Samadi jadi tempat isoman bagi para pasien Covid-19?

Dihimpun dari berbagai sumber, penggagas PGAK Pusat Pastoral Samadi diubah menjadi tempat isoman adalah pastor Yustinus Ardianto. Melihat kondisi yang tidak memungkinkan, dan banyak orang yang membutuhkan ruang maka dirinya mengusung ide tersebut.

Tak hanya umat Katolik saja, pria yang akrab disapa Romo Yustinus itu mempersilakan semua kalangan atau latar belakang isoman di PGAK Pusat Pastoral Samadi.

Ia menilai, bahwa pasien Covid-19 yang sedang berjuang sembuh bukan hanya membutuhkan obat. Tetapi juga tempat, di mana membuatnya akan terasa lebih aman dan nyaman.

"Penyembuhan itu bukan cuma obat, tapi suasana. Di sini juga enggak perlu merasa khawatir," kata Romo Yus.

Sementara itu, PGAK Pusat Pastoral Samadi sendiri sudah didirikan sejak 22 Agustus 1960 silam. Berlokasi di Jalan Kapuk III, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Fungsi utama dari PGAK Pusat Pastoral Samadi ini adalah menjadi tempat pelayanan bagi umat Katolik. Salah satunya untuk pemberkatan, dan sarana kemanusiaan atau keperluan umat Katolik lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya, Rumah Samadi dikelola Yayasan Samadi. Adapun Tujuan pendirian Samadi, sebagai sarana pembinaan agama dan sosial dengan asas iman Katolik.

Kemudian seiring berjalannya waktu, PGAK Pusat Pastoral Samadi menjadi berfokus pada rumah retret, hingga sebagai pusat pastoral.

Suasana di PGAK Pusat Pastoral Samadi sendiri cukup asri dan tenang. Terdapat beberapa ruangan yang bisa dijadikan sebagai tempat ritual keagamaan untuk umat Katolik.

Terdapat juga taman yang cukup asri, ditanami pepohonan, bunga dan tanaman lainnya. Sehingga membuat tempat ini terasa nyaman, aman dan tentram. Terutama bagi pasien Covid-19, di mana mereka membutuhkan lokasi yang bisa menjadikan jiwa dan raganya ikut tenang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini