Share

Sering Alami Keringat Berlebih? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan Serius Loh!

Astri Lawrensia, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
keringat berlebih, (Foto: Freepik)

KERINGAT tak bisa dilepaskan dari hidup manusia, normal sekali tubuh mengeluarkan keringat apalagi ketika beraktivitas di luar pada siang hari, berolahraga, atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Berkeringat merupakan cara tubuh untuk membantu mendinginkan dan membuang kimiawi yang ada dalam tubuh.

Namun, pada beberapa orang, keringat ini berlebihan. Berkeringat terlalu banyak, sehingga mungkin mengganggu aktivitas keseharian.

Lantas, apa saja jenis keringat berlebih? Bagaimana gejala dan penyebabnya? Mari simak penjelasan di bawah ini, dirangkum dari Stanford Medicine, Jumat (23/9/2022).

Jenis keringat berlebih

1. Hiperhidrosis fokal primer: Merupakan jenis keringat berlebih yang lebih umum dan ciri-cirinya terjadi pada satu area tubuh, atau hanya beberapa area tubuh misalnya seperti ketiak, kepala, telapak tangan dan atau kaki atau kasus yang paling sering di kedua sisi tangan. Biasanya terjadi mulai setelah bangun tidur, setidaknya sekali seminggu, dan biasanya lebih sering. Jenis keringat berlebih ini dimulai selama masa anak-anak atau masa remaja

2. Hiperhidrosis sekunder: Berbeda dengan hiperhidrosis fokal primer, hiperhidrosis sekunder dimulai saat sudah dewasa. Jenis keringat berlebih ini biasanya akan terjadi pada keseluruhan area tubuh, bahkan saat tertidur pun penderita juga akan berkeringat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gejala: Pakaian basah meski tidak melakukan aktivitas apa - apa, tubuh meneteskan air keringat saat sedang bersantai, terganggu memegang sesuatu karena keringat membasahi kedua tangan seperti memutar gagang pintu, atau menggunakan mouse atau keyboard, kulit tetap basah dalam waktu yang cukup lama, dan mungkin akan sering mengelupas karena lunak akibat keringat bahkan juga akan sering mengalami infeksi kulit di area tubuh yang sering berkeringat.

BACA JUGA:5 Risiko Kebanyakan Minum Obat, Salah Satunya Merusak Ginjal!

BACA JUGA:Anda Hipertensi? Yuk Coba 6 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat Ini!

Penyebab: Terkadang berkeringat banyak adalah hal yang normal saat sedang berolahraga, saat terlalu kepanasan, atau ketakutan. Apalagi di usia remaja, sangatlah normal bagi remaja untuk berkeringat lebih banyak karena kelenjar keringat seorang remaja akan tumbuh bersama dengan bagian tubuhnya yang lain.

Namun, disebutkan dalam kebanyakan kasus, tidak ada penyebab pasti yang diketahui untuk kondisi keringat berlebih ini. Hanya saja, kemungkinan penyebab lainnya berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, gagal jantung, kecemasan, dan tiroid yang terlalu aktif. Semua ini bisa menyebabkan keringat berlebih dan ada beberapa obat yang juga dapat menyebabkan keringat berlebih sebagai efek sampingnya.

1
2