Share

Mobilisasi Militer Putin, Warga Berbondong-bondong Cari Cara Tinggalkan Rusia Melalui Google

Alfilya Tri Maulina , Okezone · Jum'at 23 September 2022 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 18 2673780 mobilisasi-militer-putin-warga-berbondong-bondong-cari-cara-tinggalkan-rusia-melalui-google-K5s4CR8Dlr.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial (Foto: Reuters)
A A A

RUSIAPresiden Rusia Vladimir Putin diketahui telah mengumumkan mobilisasi militer pada Rabu (21/9/2022). Mobilisasi militer ini nantinya akan mencakup penambahan jumlah tentara Rusia sebanyak 300.000 di Perang Ukraina. Namun jumlah itu disebut-sebut bisa lebih banyak.

Menanggapi hal ini, para warga Rusia pun tak tinggal diam. Melalui mesin pencarian Google, terjadi lonjakan pencarian kalimat “bagaimana cara meninggalkan Rusia”.

Sebetulnya, lonjakan pencarian tersebut terjadi sebelum Putin membacakan pidatonya bahwa Moskow akan meningkatkan upayanya di Ukraina.

Baca juga: Soal Mobilisasi Militer Putin, Ini Reaksi Keras Dunia Internasional

Masalah lonjakan ini pun sempat membuat pidato Putin yang tadinya dijadwalkan akan diumumkan pada Selasa (20/9/2022) dibatalkan dan dilaksanakan pada Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Imbas Mobilisasi Militer Putin, Antrean Panjang Warga Rusia Ingin Melarikan Diri ke Perbatasan

Dilansir Newsweek, di Google Trends terlihat kenaikan pencarian itu terjadi pada Selasa (20/9/2022) pagi dan telah mencapai puncaknya pada pukul 18.00 waktu Moskow. Wilayah Khabarovsk timur negara Rusia yang berbatasan dengan China diketahui lebih banyak menelusuri hal tersebut

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan orang-orang diberi waktu istirahat 12 jam, sehingga semua pertanyaan yang ditanyakan melalui Google akan terjawab. Termasuk juga pertanyaan berapa lama hidup rata-rata seorang tentara Rusia di Ukraina.

Saat itu terjadi Putin diketahui tengah bersiap untuk pidatonya pada Rabu (21/9/2022) membahas mobilisasi warga untuk mendukung invasi Ukraina dan juga perlawanan yang kuat untuk masalah berkelanjutan yang tak terduga di Ukraina. Putin akan memanggil pasukan cadangan Rusia sebanyak 300.000 tentara untuk bertugas dalam “Operasi militer khusus”.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini