Share

Pengertian dari Sumber Energi Tak Terbarukan Beserta Sumber, Manfaat dan Cara Menghematnya

Alfilya Tri Maulina , Okezone · Jum'at 23 September 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 18 2673803 pengertian-dari-sumber-energi-tak-terbarukan-beserta-sumber-manfaat-dan-cara-menghematnya-quysRMg1QQ.jpg Ilustrasi pengeboran minyak (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Sumber energi tak terbarukan adalah energi terbatas dalam jumlah persediaannya yang berasal dari Bumi. Setelah sumber daya ini habis maka sumber tersebut tidak dapat diganti. Manusia sangat bergantung pada sumber daya ini untuk memasok sebagian besar kebutuhan energi kita.

Perbedaan sumber daya terbarukan dan tak terbarukan terletak pada sumbernya. Sumber daya terbarukan dapat diperbaharui secara alami, sedangkan sumber daya tidak terbarukan tidak dapat diperbaharui maka ketika habis tidak dapat digunakan lagi.

  • Sumber energi tak terbarukan

Sumber daya tak terbarukan berasal dari bumi bisa melalui tanah maupun tambang. Contohnya seperti Minyak mentah, gas alam, batu bara dan uranium. Semua itu akan diubah menjadi produk yang dapat digunakan secara komersial. Sebagian besar masyarakat bergantung pada sumber daya tak terbarukan dan seluruh dunia dikonsumsi menggunakan bahan bakar fosil. Hal tersebut juga berdampak pada lingkungan.

Baca juga:  Sederet Tantangan Industri Hulu Migas Menuju Transisi Energi

Dilansir melalui situs education.nationalgeographic.org bahwa ada 4 Jenis sumber energi tak terbarukan :

1. Minyak mentah adalah bahan bakar fosil yang berbentuk cair biasa di olah kembali menjadi bensin dan solar untuk kendaraan.

Baca juga: Aturan Tarif Energi Terbarukan Terbit, Ini Sejumlah Manfaatnya   

2. Gas alam adalah gas yang berasal dari bumi, bahan bakar fosil yah berbentuk gas yang terdiri dari metana (CH4). Gas alam ditemukan diladang gas Bumi atau ada juga tambang batu bara. Ketika gas yang kaya akan metana dilakukan pembusukan atau biasa disebut Biogas.

3. Batubara adalah bahan bakar fosil yang berbentuk padat yang disebut bahan bakar hidrakarbon padat terbentuk dari tumbuh tumbuhan yang membusuk melalui proses biokimia dalam kurun waktu yang sangat lama. Cara mencari batu bara adalah menggali tanah.

4. Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan melalui reaksi antar partikel di dalam inti atom dari unsur radioaktif. Sumber energi ini yaitu energi ikat pada partikel benda. Bahan baku yang die gunakan adalah uranium yang diekstraksi menjadi bahan bakar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

  • Manfaat sumber daya tak terbarukan

1. Minyak mentah diolah menjadi bahan bakar kendaraan dan untuk pembuatan plastik

2. Gas alam untuk memasak dan juga bisa sebagai bahan bakar atau komponen utama dalam pembuatan pupuk.

3. Batu bara bermanfaat penghasil listrik.

4. Energi nuklir juga bermanfaat untuk PLTN, pertanian, kesehatan, SDA, dan lingkungan

  • Cara menghemat energi tak terbarukan

Seperti kita ketahui diatas bahwa energi tak terbarukan berjumlah terbatas bahkan bila habis sudah tidak ada gantinya. Maka dari itu kita perlu menghemat energi tersebut dengan cara

- mengganti bahan bakar kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik, dan biogas. Bahkan dari berkurangnya pemakaian bahan bakar menjadi teknologi ramah lingkungan tidak menimbulkan polusi di lingkungan kita.

- Hemat listrik apabila tidak digunakan matikan. Gunakan seperlunya.untuk menghemat batu bara. Semakin banyak listrik digunakan semakin banyak pembangkit listrik yang membutuhkan batu bara.

- Gunakan energi alternatif seperti matahari. Atau gunakan energi yang terbarukan yang dapat di isi kembali

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini