Share

Tips Mencegah Terkena Penyakit Jantung, Dokter: Jalan Cepat Sampai Berkeringat!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 19:10 WIB
$detail['images_title']
Jalan cepat untuk mencegah penyakit jantung (Foto: Healthy magazine)

PENYAKIT jantung secara umum memang menyerang mereka yang usia lanjut (lansia). Namun jangan salah, banyak juga anak muda yang terkena penyakit jantung.

Menurut Dokter Spesialis Jantung dr. Siska S Danny, penyakit jantung tidak menular, sehingga bisa lakukan pencegahan seperti pola gaya hidup sehat. Pencegahan utama adalah olahraga secara teratur.

 jalan cepat

"Penyakit jantung merupakan penyakit tak menular sama seperti hipertensi, diabetes kolesterol. Pencegahan lebih baik dilakukan, daripada mengobati. Kalau ada obat, ya obatnya olahraga secara konsisten," ujar dr. Siska S Danny, SpJP(K) Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dalam Virtual Press Converence Cardiovascular Medicine in 2022 and Beyond: Adaptive, Personalized and Evidence-based secara online, Kamis (22/9/2022).

Langkah pencegahan penyakit jantung pada perempuan dan laki-laki itu sama saja caranya. Sebagaimana berdasarkan penelitian olahraga yang konsisten bisa menurunkan risiko penyakit jantung, dengan durasi olahraga 150 menit dalam seminggu.

Olahraga secara konsisten menjadi kuncinya. Menurutnya, olahraga tidak perlu diforsir berlebihan sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat olahraga.

 BACA JUGA:Waspada! Wanita 2 Kali Lipat Lebih Berisiko Alami Kematian karena Jantung Koroner

"Menurut penelitian, orang yang olahraga teratur itu memiliki risiko penyakit jantung dan pembuluh darah lebih rendah. Kuncinya adalah teratur nggak mesti berat atau lama, sampai sakit-sakit," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Hanya 120-150 menit per minggu intensitas olahraga ringan, sedang atau berat. Contohnya jalan cepat sampai berkeringat itu kalau bisa 3 kali sekali jalan 15-30 menit seminggu," imbuh dr Siska.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa anak muda yang mengalami serangan jantung 90 persen adalah perokok. Anak muda yang terkena serang jantung (jantung koroner) merupakan usia di bawah 40 tahun.

"Menghindari serangan jantung, paling gampang adalah pola hidup sehat, dan jaga berat badan, ketiga pola makan serat dan rendah lemak dan tidak merokok," ucapnya.

1
2