Share

Viral Hasil Tumpukan Batu Kandung Kemih Selama 4 Tahun, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 15:14 WIB
$detail['images_title']
sakit perut bagian bawah, salah satu gejala batu kandung kemih (Foto: Freepik)

BELUM lama ini, viral video yang memperlihatkan hasil tumpukan batu kandung kemih yang tertimbun di tubuh seorang pasien.

Video yang diunggah oleh akun TikTok seorang nurse surgeon di Aceh, @fu****sa**r dan sudah mendapat lebih dari 787 ribu likes dari para netizen tersebut, memperlihatkan hasil operasi pengangkatan tumpukan batu yang diangkat dari kandung kemih seorang pasien yang sudah menumpuk di tubuhnya selama empat tahun.

Terlihat dalam video, batu yang terbentuk dan mengendap di kandung kemih pasien selama empat tahun tersebut sampai ditempatkan dalam dua tray tempat yang berbeda karena jumlahnya yang banyak.

Melansir Mayo Clinic, Jumat (23/9/2022) batu kandung kemih adalah massa keras mineral yang ada kandung kemih manusia, terbentuk dan berkembang saat mineral dalam urin pekat mengkristal lalu akhirnya membentuk seperti batu.

Batu kandung kemih bisa juga hilang sendiri tanpa pengobatan tertentu, namun pada beberapa kasus terkadang dibutuhkan obat-obatan sampai operasi pembedahan untuk mengatasinya karena jika tak diobati bisa menyebabkan infeksi dan komplikasi kesehatan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gejala sudah terbentuknya batu dan sudah mengiritasi dinding kandung kemih atau menghalangi aliran urin di dalam kandung kemih, gejala seperti sakit perut bagian bawah, sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, susah buang air kecil, ada darah dalam urin, hingga warna air seni yang keruh atau berwarna gelap yang tidak biasa.

(Ilustrasi batu kandung kemih, Foto: Radiopedia.org)

Lantas apa sih penyebab, batu bisa terbentuk dan bahkan mengiritasi kandung kemih? Masih dari penjelasan Mayo Clinic, dikatakan batu kandung kemih bisa muncul ketika kandung kemih seseorang tidak kosong sepenuhnya.

Kondisi tersebut lah yang menyebabkan urin menjadi urin jadi pekat, dan urin yang pekat ini dapat mengkristal dan membentuk batu. Disebutkan lebih lanjut, beberapa infeksi juga bisa menyebabkan batu kandung kemih.

Secara keseluruhan, diketahui lebih lanjut penyebab paling umum dari batu kandung kemih bisa karena adanya pembesaran kelenjar prostat, kerusakan saraf (biasanya saraf membawa pesan dari otak ke otot kandung kemih).

Selain itu, bisa juga karena terjadinta peradangan kandung kemih, ada alat kesehatan seperti kateter kandung kemih yang dimasukkan melalui uretra untuk membantu urin mengalir dari kandung kemih, alat kontrasepsi atau stent kemih, sampai batu ginjal kecil yang bisa berjalan ke ureter ke kandung kemih dan jika tidak dikeluarkan lalu bisa tumbuh menjadi batu kandung kemih.

 BACA JUGA:10 Gejala Kanker Paru-Paru, Salah Satunya Batuk Berdarah

BACA JUGA:Bigoreksia: Pengertian Umum, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, dan Pencegahan

1
2