Share

Yuk Pahami Dampak Negatif Pertamax Dicampur Pertalite, Jangan Coba-coba!

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 23 September 2022 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 52 2673432 yuk-pahami-dampak-negatif-pertamax-dicampur-pertalite-jangan-coba-coba-9YlpeKHTtu.jpg SPBU (dok Pertamina)

BAGI pengendara sebaiknya tidak  nekat untuk mencapur pertamax dan pertalite demi menghemat pengeluaran bahan bakar untuk kendaraan.

Pasalnya, pertamax ataupun pertalite memiliki kandungan oktan yang berbeda dan ada beberapa efek negatif yang bisa terjadi.

Sebagaimana diketahui, pertalite memiliki kandungan oktan 90 dengan tambahan zat aditif. Sehingga pertalite cocok digunakan untuk perjalanan jarak lebih jauh.

infografis

Sementara, pertamax memiliki kandungan oktan 92. pertamax cocok untuk kendaraan yang mempunyai rasio kompresi 10,1.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lantas, apa efek jika pertamax dicampur pertalite untuk kendaraan? 

Berdasarkan informasi yang dihimpun MNC Portal, apabila pertamax dicampur pertalite pada kendaraan yang memiliki kandungan oktan minimal 92, maka kandungan optimal yang ada di pertamax tidak akan berfungsi.

Salah satu kandungan pertamax berfungsi membersihkan kerak pada mesin.

Selain itu, jika mencampurkan pertamax dan pertalite dalam waktu lama akan bisa memunculkan kerak pada piston, kepala silinder, dan juga sekeliling payung klep.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini